Bank OCBC Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Bank OCBC Indonesia
Anak perusahaan dari OCBC
IndustriKeuangan dan komponennya
NasibMerger dengan Bank OCBC NISP
PenerusBank OCBC NISP
Didirikan1996
Ditutup2011
Kantor
pusat
Kantor Pusat di Jakarta, Indonesia
ProdukJasa keuangan
IndukOversea-Chinese Banking Corporation

Bank OCBC Indonesia merupakah salah satu bank yang pernah beroperasi di Indonesia. Bank ini kemudian melebur dengan Bank OCBC NISP pada 1 Januari 2011 berdasarkan aturan kepemilikan tunggal Bank Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bank ini didirikan di Jakarta pada tahun 1996 dengan nama PT Bank OCBC-NISP dan mendapatkan izin untuk melaksanakan bisnis perbankan pada tahun 1997. PT Bank OCBC-NISP merupakan perusahaan patungan antara Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) dari Singapura dengan PT Bank NISP Tbk dengan masing-masing saham adalah 99% dan 1%.

Pada tahun 2003, PT Bank OCBC-NISP mengakuisisi PT Bank Keppel Tat Lee Buana. Pada tahun yang sama, PT Bank OCBC-NISP berganti nama menjadi PT Bank OCBC Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya saham OCBC di Bank NISP dan ditandai dengan berubahnya nama perusahaan dari PT Bank NISP Tbk menjadi PT Bank OCBC NISP Tbk, OCBC telah menjadi pemegang saham pengendali di kedua bank tersebut, yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk dan PT Bank OCBC Indonesia. Oleh karena itu, PT Bank OCBC Indonesia meleburkan diri (merger) ke dalam PT Bank OCBC NISP Tbk yang efektif pada 1 Januari 2011.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]