Taghlib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bani Taghlib)
Banu Taghlib
Adnanite Arab tribe
Banner of the Banu Taghlib in Battle of Siffin[1]
NisbahTaghlibī
Lokasi asal leluhurNajd, Upper Mesopotamia
Diturunkan dariTaghlib ibn Wa'il
Suku indukRabi'a
Cabang
  • Ghanm
    • Jusham
      • Zuhayr
        • Sa'd
          • Attab
          • Utba
        • Murra
          • Al-Harith
    • Malik
    • Amr
  • Imran
  • Awf
AgamaMiaphysite Christianity (6th–9th centuries)
Islam (9th century–present)

Bani Taghlib ( Arab: بنو تغلب ), juga dikenal sebagai Taghlib ibn Wa'il, adalah suku Arab yang berasal dari Najd ( Arab Tengah), tetapi kemudian bermigrasi dan mendiami Jazira (Mesopotamia Atas) dari akhir abad ke-6 dan seterusnya. Suku induk mereka adalah Rabi'ah, dan dengan demikian mereka menelusuri keturunan mereka ke Adnanites . Taghlib adalah salah satu suku nomaden yang paling kuat dan kohesif di era pra-Islam dan dikenal karena perang pahit mereka dengan kerabat mereka dari Banu Bakr, serta perjuangan mereka dengan raja-raja Lakhmid dari al-Hira di Irak ( Mesopotamia Bawah ). Suku itu memeluk Kristen Miafisit dan sebagian besar tetap Kristen lama setelah kedatangan Islam pada pertengahan abad ke-7. Setelah oposisi awal terhadap Muslim, Taghlib akhirnya mengamankan tempat penting bagi diri mereka sendiri dalam politik Umayyah . Mereka bersekutu dengan Bani Umayyah dan terlibat dalam banyak pertempuran dengan pemberontak suku Qaysi selama perseteruan Qays-Yaman di akhir abad ke-7.

Selama pemerintahan Abbasiyah, beberapa individu dari suku tersebut memeluk Islam dan diberi jabatan gubernur di beberapa bagian kekhalifahan. Pada pertengahan abad ke-9, sebagian besar Taghlib masuk Islam, sebagian karena bujukan gubernur Taghlibi Diyar Rabi'a dan pendiri al-Rahba, Malik ibn Tawk. Beberapa suku Taghlibi diangkat menjadi gubernur Diyar Rabi'ah dan Mosul oleh Abbasiyah. Pada awal abad ke-10, sebuah keluarga Taghlibi, Hamdaniyah, mengamankan jabatan gubernur di wilayah ini, dan pada 930-an, pemimpin Hamdani, Nasir al-Dawla, membentuk emirat otonom dari Mosul dan Jazira. Demikian juga, pada tahun 945, saudaranya, Sayf al-Dawla, menciptakan emirat Suriah utara yang berbasis di Aleppo. Hamdanid memerintah kedua emirat ini sampai kematian politik mereka pada tahun 1002. Taghlib sebagai sebuah suku, bagaimanapun, telah menghilang dari catatan sejarah selama periode Hamdanid awal.

Asal[sunting | sunting sumber]

Banu Taghlib awalnya adalah suku Badui (nomaden Arab) yang mendiami Najd. Suku ini dinamai nenek moyangnya Taghlib ibn Wa'il, juga dikenal sebagai Dithar ibn Wa'il. Suku ini termasuk dalam konfederasi Rabi'a dan dengan demikian ditelusuri keturunannya ke cabang Nizar dari Adnanites. Silsilah lengkap mereka adalah sebagai berikut: Taghlib/Dithār ibn Wāʾil ibn Qasit ibn Hinb ibn Afṣā ibn Duʿmī ibn Jadla ibn Asad ibn Rabīʿa ibn Nizār ibn Maʿadd ibn Adnān. Saingan dan saudara suku mereka adalah Banu Bakr ibn Wa'il.[2] Al-Araqim adalah kelompok Taghlib yang paling penting dan hampir semua sejarah silsilah Taghlib berpusat di sekitar mereka. Enam divisi al-Araqim adalah Jusham (yang terbesar) , Malik (terbesar kedua), Amr, Tha'laba, al-Harith dan Mu'awiya. Karena ukuran dan kekuatannya, Jusham dan Malik secara kolektif disebut sebagai al- Rawkān, yang diterjemahkan sebagai "dua tanduk" atau "dua kompi yang banyak dan kuat". Divisi Amr yang lebih kecil dari al-Araqim dikenal sebagai al-Nakhābiqa. Dari divisi Jusham muncul cabang Zuhayr, dari mana beberapa sub-suku besar turun, termasuk Garis Attab, Utba, Itban, Awf dan Ka'b; semua garis ini didirikan oleh anak-anak eponim Sa'd ibn Zuhayr ibn Jusham. Sub-suku Attab, Utba dan Itban membentuk kelompok al-Utab, sedangkan sub-suku Awf dan Ka'b terbentuk Bani al-Awhad. Sub-suku Zuhayri terkemuka lainnya adalah al-Harits, yang pendiri eponymousnya adalah putra Murra ibn Zuhayr. Divisi Malik juga memiliki banyak pengelompokan suku, termasuk al-Lahazim (keturunan Awf ibn Malik), al-Abna' (keturunan Rabi'ah, A'idh dan Imru' al-Qays, semua putra Taym ibn Usama ibn Malik), al-Qu'ur (keturunan putra Malik Malik dan al-Harith) dan Rish al-Hubara (keturunan Qu'ayn ibn Malik). Dinasti Hamdanid menelusuri keturunannya ke divisi Malik melalui nenek moyang mereka Adi ibn Usama ibn Malik.[3][4]

Sub-grup[sunting | sunting sumber]

Informasi tentang cabang-cabang Taghlib sebagian besar didasarkan pada catatan silsilah Taghlibi pra-Islam al-Akhzar ibn Suhayma. Taghlib ibn Wa'il memiliki tiga putra, Ghanm, Imran dan al-Aws. Namun, dalam literatur silsilah Arab, hanya keturunan Ghanm ibn Taghlib yang dibahas secara luas. Dari Ghanm muncullah al-Araqim, yang merujuk pada keturunan enam putra Bakr ibn Hubayb ibn Amr ibn Ghanm, semuanya memiliki mata yang mirip dengan arāqim (ular berbintik; bernyanyi. al-Arqām).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Era Pra-Islam[sunting | sunting sumber]

Di era pra-Islam (pra-630-an), Taghlib adalah salah satu suku Badui terkuat dan terbesar di Arab. Tingkat solidaritas suku mereka yang tinggi tercermin dalam formasi besar yang mereka atur selama pertempuran. Suku ini terlibat dalam beberapa pertempuran besar selama periode ini. Pada awal abad ke-4 M, Taghlib berada dalam lingkup pengaruh Persia Kekaisaran Sasania dan klien Arab mereka, raja-raja Lakhmid dari al-Hira. Disebutkan selama ini bahwa raja Sasania Shapur II mengirim tawanan Taghlibi untuk tinggal di Darin dan al-Khatt, keduanya di wilayah [[Arab Timur] |Bahrayn]] (Arab timur).

Pada akhir abad ke-5, kepala suku Taghlibi Kulayb ibn Rabi'a, dari garis al-Harith ibn Murra dari cabang Zuhayr, dibunuh oleh saudara iparnya, Jassas ibn Murra al-Shaybani dari Banu Bakr.[5] Ini memicu konflik panjang, yang dikenal sebagai Perang Basus, antara Taghlib dan Bakr. Saudara laki-laki Kulayb, Muhalhil, mengambil alih kepemimpinan Taghlib, tetapi berhenti dari posisinya setelah kekalahan telak Taghlib dalam pertempuran Yawm al-Tahaluq, setelah itu sebagian besar Taghlib melarikan diri dari Najd ke wilayah Efrat Bawah. Di sana, mereka tinggal bersama suku Namir ibn Qasit, sanak keluarga Taghlib dari pihak ayah. Sebuah bagian dari Taghlib telah tinggal di Efrat Bawah sebelum eksodus massal suku tersebut.

Bersamaan dengan Perang Basus adalah kebangkitan Kerajaan Kindite di Arabia tengah dan utara. Baik Taghlib dan Bakr menjadi subyek Kerajaan pada masa pemerintahan al-Harits ibn Amr ibn Hujr (awal abad ke-6). Setelah kematian al-Harits (pasca 530), putranya Shurahbil dan Salama memperebutkan tahta. Taghlib dan Namir mendukung Salama melawan Bakr yang mendukung Shurahbil. Al-Saffah, seorang pejuang Taghlibi dari divisi Malik, adalah komandan kavaleri Salama, sementara Taghlibi lainnya, Usum ibn al-Nu'man, membunuh Shurahbil dalam pertempuran. Perang Basus berakhir pada pertengahan abad ke-6 ketika Taghlib dan Bakr menandatangani perjanjian damai di pasar Dhu al-Majaz dekat Mekah.

Taghlib bermigrasi lebih jauh ke utara di sepanjang Efrat ke Mesopotamia Atas (dikenal oleh orang Arab sebagai "Jazira") setelah kepala suku mereka Amr ibn Kulthum dari divisi Jusham membunuh raja Lakhmid Amr ibn al- Hind pada tahun 568. Hingga akhir abad ke-8, suku Taghlibi memuliakan Amr ibn Kulthum sebagai salah satu orang Arab paling terkemuka di era pra-Islam, dan mencatat keterampilan puitisnya, perjuangannya melawan raja-raja al-Hira dan prestasinya dalam konflik dengan Bakr.[6] Pada tahun 605, Taghlib dan Bakr bertempur di sisi yang berlawanan dalam Pertempuran Dhi Qar, dengan Taghlib mendukung Sassaniyah melawan Bakr.

Periode awal Muslim[sunting | sunting sumber]

Peta Jazira dan distriknya, selama era Islam. Jazira adalah tempat tinggal Banu Taghlib dari akhir abad ke-6, dan selama era Abbasiyah, beberapa suku Taghlibi memerintah provinsi dan kota-kotanya. Dinasti Taghlibi Hamdanid menguasai sebagian besar Jazira antara pertengahan abad ke-10 dan awal abad ke-11.

Pengaruh politik Taghlib sangat surut selama kedatangan Islam pada pertengahan abad ke-7. Karena jarak mereka dari Mekah dan Madinah, dua kota yang memainkan peran sentral dalam perkembangan Islam, Taghlib tidak terlibat dalam urusan Islam di masa nabi Muhammad. Selama Perang Ridda (632–633) antara Muslim dan suku-suku Arab yang murtad, Taghlib bertempur bersama suku-suku tersebut. Bagian dari Taghlib, khususnya garis Utba dari cabang Zuhayr, memerangi tentara Muslim di Irak dan Mesopotamia Atas selama penaklukan Islam atas Persia. Seorang putri kepala suku Utba Rabi'a ibn Bujayr bernama Umm Habib ditawan dan dikirim ke Medina, di mana dia dibeli oleh Ali ibn Abi Thalib; dia melahirkan anak kembar Ali, Umar al-Kabir dan Ruqayya.

Di beberapa titik selama penaklukan Muslim, Taghlib beralih kesetiaan kepada Muslim sementara mempertahankan iman Kristen mereka. Di antara pembelot yang paling menonjol adalah Utba ibn al-Waghl, seorang aktivis berbasis Kufah dari garis Sa'd divisi Jusham. Sebagian besar pasukan Taghlibi dari tentara Muslim menetap di Kufah. Pembelotan akhirnya mereka kepada kaum Muslim dan dukungan dari Khalifah Umar ibn al-Khattab membuat Taghlib mendapat pengecualian khusus dari pajak jajak pendapat yang dikumpulkan dari Khilafah Kristen mata pelajaran. Selama Perang Saudara Muslim Pertama (656–661), anggota Taghlib bertempur di pihak Ali bin Abi Thalib di Pertempuran Unta (656) dan Pertempuran dari Siffin (657). Namun, di Siffin, pasukan Taghlibi yang signifikan juga bertempur bersama Mu'awiya.

Periode Bani Umayyah[sunting | sunting sumber]

Iman Kristen bersama Taghlib dan kedekatannya dengan musuh Muslim, Kekaisaran Bizantium, kemungkinan menjadi alasan mengapa anggota suku tersebut tidak diberi posisi penting di negara bagian selama era Umayyah. Meskipun demikian, mereka mendukung Bani Umayyah selama Perang Saudara Muslim Kedua (680–692). Awalnya, mereka secara nominal mendukung pemberontakan suku Qaysi di Konflik Qays-Yaman, sebuah episode perang saudara. Namun, setelah suku Qaysi Banu Sulaym menyerbu desa mereka di Lembah Khabur dan menyerang suku tersebut dengan sanksi dari pemimpin anti-Umayyah Abd Allah ibn al-Zubayr , Taghlib berbalik melawan Qays. Konflik dengan Qays kemungkinan mempercepat rekonsiliasi Taghlib dengan Bani Bakr. Kepala suku Taghlibi Hammam ibn al-Mutarrif mengamankan perdamaian dan aliansi kedua suku dengan memberi kompensasi kepada Bakr atas kerugian mereka pada Pertempuran Dhi Qar. Seorang pemimpin Taghlib, Abd Yasu', menjabat sebagai utusan bersama Taghlib dan Bakr untuk Khalifah Abd al-Malik (m. 685–705).

Juara Taghlib selama konflik mereka dengan Qays adalah penyair Taghlibi yang terkenal al-Akhtal, yang saingan puitis utamanya adalah Qaysi Jarir, dengan siapa dia terlibat dalam "perang verbal" di istana Umayyah.Blachère, R. (1960). "Al-Akhtal". Dalam Gibb, H. A. R.; Kramers, J. H.; Lévi-Provençal, E.; Schacht, J. The Encyclopedia of Islam. I: A–B (edisi ke-new). Leiden and New York: Brill. hlm. 331. ISBN 90-04-08114-3. </ref> Di bawah Abd al-Malik, al-Akhtal adalah penyair resmi istana Umayyah dan dengan penuh semangat memperjuangkan Bani Umayyah melawan lawan-lawan mereka. Konflik Taghlibi–Qaysi memuncak dengan kemenangan Taghlibi yang menentukan di Yawm al-Hashshak di Jazira dekat Sungai Tigris, di mana kepala Sulaimi Umayr ibn al-Hubab dibunuh; Taghlib mengirim kepala yang terakhir ke Abd al-Malik, yang senang dengan kematian pemimpin pemberontak. Khalifah Umayyah terakhir Marwan II (m. 744–750) menunjuk suku Taghlibi dan keturunan al-Saffah, Hisyam ibn Amr ibn Bistam, sebagai gubernur Mosul dan Jazira.

Periode Abbasiyah[sunting | sunting sumber]

Khalifah Abbasiyah al-Mansur (m. 754–775) menugaskan kembali Hisyam ibn Amr ke Sind. Khalifah al-Mahdi (m. 775–785) menggantikan Hisyam dengan saudaranya Bistam, sebelum menugaskannya kembali ke Adharbayjan. Baik Hisyam dan Bistam adalah Muslim. Muslim Taghlibi lainnya, Abd al-Razzaq ibn Abd al-Hamid memimpin ekspedisi Abbasiyah melawan Bizantium pada musim panas 793. Pada awal abad ke-9, garis Adi ibn Usama dari divisi Malik, yang dikenal sebagai ʿAdī Taghlib' ' atau al-ʿAdawīyya menjadi terkenal secara politik di Jazira. Salah satu anggota mereka, al-Hasan ibn Umar ibn al-Khattab diangkat menjadi gubernur Mosul oleh Khalifah al-Amin pada tahun 813. Beberapa tahun kemudian, Taghlibi lain yang terkait dengan al-Hasan melalui pernikahan, Tawk ibn Malik dari Garis Attab divisi Jusham, menjadi gubernur Diyar Rabi'a di bawah Khalifah al-Ma'mun (reign 813–833). Putra Tawk Malik ibn Tawk menjabat sebagai gubernur Jund Dimashq (distrik Damaskus) dan Jund al-Urdunn (distrik Yordania) di bawah khalifah al-Wathiq (m. 842–847) dan al-Mutawakkil (m. 847–861). Dia kemudian mendirikan kota benteng Efrat al-Rahba (modern Mayadin).

Dinasti Hamdanid[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 880-an, seorang anggota Adi Taghlib, Hamdan ibn Hamdun, bergabung dengan Pemberontakan Khawarij melawan Khalifah al-Mu'tadid. Pada saat itu, Hamdan menguasai sejumlah benteng di Jazira, termasuk Mardin dan Ardumusht, tetapi pada tahun 895, Bani Abbasiyah merebut bekas dan sesudahnya, putra Hamdan Husain menyerahkan Ardumusht dan bergabung dengan pasukan al-Mu'tadid. Hamdan menyerah kepada Abbasiyah di luar Mosul dan dipenjarakan, tetapi jasa baik Husain dengan al-Mu'tadid membuat Hamdan mendapat pengampunan. Husain memimpin atau berpartisipasi dalam ekspedisi Abbasiyah melawan Dulafid, Qarmatians dan Tulunid pada masa pemerintahan Khalifah al-Muktafi (m. 902–908), tetapi jatuh dari kasih karunia karena mengambil bagian dalam rencana untuk mengangkat Abdallah ibn al-Mu'tazz sebagai khalifah pada tahun 908. Saudara-saudara Husain Abu'l Hayja Abdallah (gubernur Mosul pada tahun 905–913 ) dan 914–916), Ibrahim (gubernur Diyar Rabi'ah pada 919), Dawud (gubernur Diyar Rabi'ah pada 920) dan Sa'id tetap setia kepada Abbasiyah dan Husain akhirnya memperoleh pengampunan dan diangkat sebagai gubernur Diyar Rabi'a pada tahun 910. Dia kemudian memberontak, ditangkap dan dieksekusi pada tahun 916. Sementara itu, Abu al-Hayja' diangkat kembali menjadi gubernur Mosul pada tahun 920, menjabat sampai kematiannya pada tahun 929.

Setelah kematian Abu al-Hayja, putranya Nasir al-Dawla, yang reign sebagai wakil penguasa ayahnya di Mosul, berjuang untuk mengamankan jabatan gubernur di kota itu. Pemerintahannya ditentang oleh pamannya Sa'id dan Nasr, Bani Habib (saingan klan Taghlibi) dan Khalifah al-Muqtadir (m. 908–929). Pada 935, Nasir al-Dawla telah menang melawan mereka dan diangkat oleh Khalifah al-Radi (m. 934–940) sebagai gubernur Mosul dan ketiga provinsi Jazira, yaitu. Diyar Rabi'ah, Diyar Mudar dan Diyar Bakar. Tahun itu Bani Habib, yang berjumlah 12.000 penunggang kuda dan keluarga mereka, meninggalkan Nisibin yang dikuasai Hamdanid dan membelot ke Byzantium. Mereka dibagi tanah di sepanjang perbatasan dan diberikan hewan dan hadiah lainnya oleh Bizantium, yang berusaha untuk menopang tenaga kerja mereka bersama dengan perbatasan. Setelah itu, Habib menyerbu sisi Islam perbatasan, terutama Diyar Mudar, setiap tahun selama musim panen dan merebut benteng Hisn Ziyad dan Hisn Mansur.[7]

Pada tahun 942, Nasir al-Dawla menjadi penguasa efektif Kekhalifahan Abbasiyah sampai dikalahkan oleh perwira Turkinya yang pemberontak, Tuzun, pada tahun berikutnya. Nasir al-Dawla digulingkan sebagai gubernur Mosul dan Jazira oleh putra-putranya pada tahun 967. Provinsi ini tetap berada di tangan Hamdanid sampai tahun 1002. Sementara itu, saudara laki-laki Nasir al-Dawla, Sayf al-Dawla mendirikan emirat Hamdanid di [ [Aleppo]] dan Suriah utara pada tahun 945. Keturunannya akan terus reign emirat sampai digulingkan oleh ghulam (prajurit budak), Lu'lu' al-Kabir pada tahun 1002 Hamdaniyah tidak bergantung pada suku Taghlibi mereka untuk urusan negara, melainkan mengandalkan ghilman dan birokrat non-Arab untuk urusan militer dan fiskal. Setelah tahun-tahun awal dinasti Hamdanid, Taghlib, seperti banyak suku Arab yang didirikan di wilayah tersebut sebelum dan sesudah penaklukan Muslim abad ke-7, "menghilang dalam ketidakjelasan".

Agama[sunting | sunting sumber]

Sejumlah kecil suku Taghlibi masuk Islam selama era Umayyah (661–750) dan awal era Abbasiyah (abad ke-8), termasuk komunitas Taghlibi kecil di Kufah, beberapa suku di Qinnasrin dan individu-individu terkenal, seperti Umayyah penyair istana Ka'b ibn Ju'ayl dan 'Umayr ibn Shiyaym. Sebagian besar tetap Kristen selama periode ini. Kemudian di era Abbasiyah, pada abad ke-9, sejumlah besar suku Taghlibi memeluk Islam dan mencapai jabatan yang lebih tinggi di negara bagian. Rupanya, konversi massal Taghlib ke Islam terjadi pada paruh kedua abad ke-9 pada masa pemerintahan al-Mu'tasim (memerintah 833–842). Sekitar waktu yang sama, Malik ibn Tawk membujuk Sahl ibn Bishr, cicit al-Akhtal, untuk masuk Islam bersama dengan semua keturunan al-Akhtal. Banu Habib masuk Kristen pada tahun 935 ketika mereka membelot ke Byzantium. Sejarawan Asa Eger berkomentar, "Gagasan bahwa mereka [Banu Habib] masuk Kristen mungkin hanya sebagian benar, karena banyak yang mungkin masih [telah] mempertahankan identitas masa lalu Kristen mereka." [8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Houtsma, Martijn Theodoor; Wensinck, Arent Jan (1993). First Encyclopaedia of Islam: 1913-1936 (edisi ke-3rd). hlm. 38. ISBN 9004097961. 
  2. ^ Ibn Abd Rabbih (2011). Boullata, Issa J., ed. The Unique Necklace, Volume 3. Garnet Publishing. hlm. 265–266. ISBN 978-1-85964-239-9. 
  3. ^ Ibn Khallikan (1842). De Slane, Mac Guckin, ed. Ibn Khallikan's Biographical Dictionary, Volume 1. Paris: Oriental Translation Fund of Great Britain and Ireland. hlm. 404. 
  4. ^ Lecker 2000, p. 93.
  5. ^ Levi Della Vida, hal. 362.
  6. ^ Blachère, R. (1960). "'Amr ibn Kulthum". Dalam Gibb, H. A. R.; Kramers, J. H.; Lévi-Provençal, E.; Schacht, J. The Encyclopedia of Islam. I: A–B (edisi ke-new). Leiden and New York: Brill. hlm. 452. ISBN 90-04-08114-3. 
  7. ^ Eger, hlm. 291–292.
  8. ^ Eger, hlm. 292.

Biografi[sunting | sunting sumber]