Bancet hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Bancet Hijau
Occid lima 060304 2495 la resize.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Famili: Dicroglossidae
Genus: Occidozyga
Spesies: O. lima
Nama binomial
Occidozyga lima
Kuhl & van Hasselt, 1822

Bancet hijau adalah sejenis kodok kecil akuatik dari suku Dicroglossidae. Nama ilmiahnya adalah Occidozyga lima Kuhl & van Hasselt, 1822.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Kodok yang kerap ditemui di genangan air sawah ini bertubuh pendek bulat, dari moncong hingga ke anus sampai sekitar 40 mm. Kodok jantan umumnya lebih kecil dan lebih ramping. Lubang hidung di ujung moncongnya menghadap ke atas, suatu bentuk adaptasi untuk memudahkan bernapas di kala berenang.

Punggung berwarna abu-abu kehijauan atau kecoklatan, kadang-kadang dengan jalur warna kegelapan di kedua sisi sebelah menyebelah tulang punggung (vertebra). Kulit bertekstur seperti kulit jeruk, berbintil-bintil halus berkilap seperti mutiara, terutama di bagian perut. Sisi bawah paha dengan sepasang garis gelap berbentuk L, dagu dengan sepasang garis gelap. Mata menonjol, terletak di sisi atas kepala bagian tengah. Kaki dan tangan berselaput renang hingga ke ujung jari, dengan bintik-bintik hitam serupa renda.

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Kodok ini hidup sepenuhnya di air, dan menyukai air tergenang yang tidak terlalu dangkal. Jantan dan betina sering didapati mengambang di antara rerumputan di sawah-sawah yang berair agak tinggi; dengan sigap kodok ini segera menyambar serangga yang terjatuh di air.

Jantan bersuara siang maupun malam, terutama ketika hari teduh. Bunyinya: cik-keeet-cik.. cik..keeet-ciket-ciket... atau, keet.. ket-ket-ket-ket-ket. Sering pula bersahut-sahutan.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Kodok ini menyebar mulai dari India, Cina selatan, Hainan, Indochina, Sumatra sampai ke Bali.

Kodok ini berkerabat dekat dengan Occidozyga sumatrana; dibedakan dari O. lima dalam tekstur kulitnya, yang lebih halus dan memiliki lebih sedikit bintil. Sementara O. lima memiliki bintil-bintil yang lebih rapat dan nampak serupa mutiara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Amphibian Species of the World 3.0, an Online Reference.