Banavasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Banavasi
desa
Kuil Madhukeshwara di Banavasi
Kuil Madhukeshwara di Banavasi
Julukan: Pampana Banavasi
Negara India
Negara bagianKarnataka
DistrikUttara Kannada
Penduduk (2005)
 • Total4.267
Bahasa
 • ResmiKannada
Zona waktuIST (UTC+5:30)
PIN581 318
Telephone code08384

Banavasi merupakan sebuah kuil kuno di kota Uttara Kannada, India Selatan negara bagian Karnataka. Banavasi adalah ibu kota kuno dari Kekaisaran Kannada, Kadamba, yang memerintah seluruh distrik Uttara Kannada. Mereka adalah kerajaan pribumi pertama yang terkenal di Kannada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Banavasi adalah kota tertua di negara bagian Karnataka.[1] Kota tersebut telah tumbuh pada sekitar Kuil Madhukeshwara yang dibangun pada abad ke-9 dan didedikasikan untuk Dewa Siwa[2] Dewa tertinggi dalam Saiwa, cabang utama dari agama Hindu.

Kuil Madhukeshwara, Banavasi
Koin raja Kadamba yang menyebut dirinya dengan koin "sri dosharashi," dianggap sebagai Krishnavarma II (bertakhta skt. 516-540). Kebalikan dari koin memiliki legenda shashanka, yang berarti "bulan." Surat-surat Kannada dan koin lain dapat dilihat di entri untuk Kadambas dari Banavasi

Pada tahun 2006, koin tembaga yang berasal dari abad ke-5 ditemukan di sini dengan tulisan di naskah Kannada, dan merupakan salah satu koin tertua yang pernah ditemukan.[3] Direktorat Arkeologi dan Museum mengatakan bahwa prasasti koin di Kannada kuno jelas terbukti bahwa Banavasi merupakan tempat pencetakan koin pada abad ke-5.[4]

Adikavi Pampa, penyair pertama Kannada, menulis eposnya di Banavasi.

Kota ini dulu merupakan lokasi ibu kota penguasa Kadamba, sebuah dinasti dari kerajaan kuno Karnataka.[5] Mereka mulai berkuasa di sana pada tahun 345 M dan memerintah India Selatan selama setidaknya dua abad.[6]

Banavasi berisi beberapa monumen arsitektur tertua di India Selatan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Banavasi dikelilingi oleh hutan-hutan dan desa-desa, dengan sungai Varada yang mengalir di sekitarnya di tiga sisi. Kota ini terletak 400 km dari Bengaluru. Stasiun kereta terdekat berjarak 70 km di Haveri dan Talaguppa. Sirsi, adalah kota terdekat sekitar 23 km.

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Tanah subur di sekitar Banavasi dan padi, gandum, tebu, arecanut, rempah-rempah dan nanas tumbuh. Khususnya untuk nanas, Pisang & Jahe. Anda akan menemukan banyak sekali peternakan nanas segera setelah Anda memasuki desa.

Obyek wisata[sunting | sunting sumber]

Festival budaya tahunan Desember, Kadambothsava, adalah pertemuan besar, yang diselenggarakan oleh pemerintah negara bagian, dan menampilkan penari tradisional, rombongan drama, musisi klasik, pameran seni sambil menggambar bersama-sama pemain, seniman, dan penulis dari seluruh India selatan.

Banavasi telah lama menjadi pusat budaya, terutama bentuk seni Yakshagana bentuk seni. Hari ini pengrajin lokal membuat dan menjual topeng kesenian rakyat klasik Yakshagana di sini.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kamat, Jyotsna (6 August 2006). "Ancient City of Banavasi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 August 2006. Diakses tanggal 2006-08-17. 
  2. ^ "Banavasi- 'Kadambothsav'". BangaloreBest.com. Diakses tanggal 2006-08-17. 
  3. ^ "5th century copper coin discovered at Banavasi". 5 February 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-06-14. Diakses tanggal 2006-08-17. 
  4. ^ "5th Century copper coin found at Banavasi". Chennai, India: TheHindu.com. 2006-02-06. Diakses tanggal 2006-08-17. 
  5. ^ Kamat, Jyotsna (5 August 2006). "Kadambas of Banavasi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 September 2006. Diakses tanggal 2006-08-17. 
  6. ^ "South Indian Coins - The Kadambas of Hangal". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-08-15. Diakses tanggal 2006-08-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]