Ban hujan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ban basah yang digunakan dalam arena Formula Satu.

Ban hujan atau ban basah adalah ban khusus yang digunakan dalam balap mobil pada cuaca basah, berbeda dengan ban slick yang digunakan dalam kondisi kering. Ban hujan sangat mirip dalam banyak hal dengan ban yang ditemukan pada mobil jalan biasa.[1]

Ban hujan tidak digunakan dalam balapan yang disahkan oleh NASCAR, ARCA, dan INDYCAR yang diselenggarakan di lintasan oval karena balapan ini selalu dihentikan ketika lintasan basah karena kekhawatiran akan masalah keselamatan yang berkaitan dengan banyaknya semprotan air yang mengurangi visibilitas, serta kurangnya traksi di tikungan banked pada kecepatan tinggi.

Ban intermediate[sunting | sunting sumber]

Beberapa seri balap seperti Formula Satu mengizinkan ban intermediate. Ban ini dirancang untuk digunakan dalam kondisi terlalu basah untuk ban slick dan terlalu kering untuk ban hujan. Ban intermediate terbuat dari campuran karet yang sedikit lebih lembut daripada ban slick dan memiliki alur seperti ban hujan, tetapi lebih dangkal untuk mencegah penumpukan panas berlebih. Pemasok ban Formula Satu sebelumnya, Bridgestone, mengacu pada ban "intermediate" sebagai "ban basah" dan pada apa yang dikenal sebagai "ban hujan penuh" sebagai "ban monsoon".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McFadyen, Peter (2008). Motor Racing at Oulton Park in the 1970s. Veloce Publishing Ltd. ISBN 978-1-84584-164-5.