Balok apit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pembingkaian atap: elemen #5 adalah balok apit.

Balok apit atau balok gapit adalah bagian horizontal antara dua kasau dan sangat umum dalam konstruksi atap rumah umum . Seringkali balok apit bersifat struktural tetapi dapat digunakan hanya untuk membingkai langit-langit . Pengikat dalam konstruksi bangunan adalah elemen dalam ketegangan daripada kompresi dan sebagian besar balok apit dirancang untuk bekerja dalam kompresi agar kasau tidak kendur.[1] [2] Balok apit di dekat bagian bawah kasau dapat menggantikan balok pengikat dan dirancang untuk menjaga agar kasau tidak menyebar, sehingga dalam keadaan tegang: ini secara tepat disebut pengikat apit

Atap balok kerah[sunting | sunting sumber]

Bentuk rangka atap yang paling sederhana adalah atap kasau biasa. Rangka atap ini tidak lain adalah kasau dan balok pengikat di bagian bawah kasau. Langkah selanjutnya dalam pengembangan rangka atap adalah menambahkan balok apit, yang disebut atap balok apit. Atap balok apit cocok untuk bentang hingga sekitar (4,5 meter).[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maginnis, Owen B.. Roof framing made easy: a practical and easily comprehended system, adapted to modern construction, for laying out and framing roofs, adapted to modern construction .... New York: O.B. Maginnis, 1896. 7. Print.
  2. ^ Nicholson, Peter. Practical carpentry, joinery, and cabinet-making; being a new and complete system of lines, for the use of workmen: founded on accurate geometrical and mechanical principles, with their application in carpentry, to roofs, domes, centring, &c.; in joinery,. London: T. Kelly by J. Rider, 1826. 31. Print.
  3. ^ Moncrieff, G. K.. The principles of structural design,. Chatham, Eng.: W. & J. Mackay & Co. [for] the Royal Engineers Institute, 1897-98. Print.