Bal du moulin de la Galette

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bal du moulin de la Galette
SenimanPierre-Auguste Renoir
Tahun1876
MediumOil on canvas
AliranImpresionisme
Ukuran131 cm × 175 cm (52 in × 69 in)
LokasiMusée d'Orsay, Paris

Bal du moulin de la Galette (umumnya dikenal sebagai Dance at Le moulin de la Galette) adalah lukisan tahun 1876 karya seniman Prancis Pierre-Auguste Renoir. Bertempat di Musée d'Orsay di Paris dan merupakan salah satu mahakarya Impresionisme yang paling terkenal.[1] Lukisan itu menggambarkan hari Minggu sore yang khas di Moulin de la Galette asli di distrik Montmartre di Paris. Pada akhir abad ke-19, kelas pekerja Paris akan berdandan dan menghabiskan waktu di sana menari, minum, dan makan galette sampai malam.[2]:121–3

Seperti karya lain dari kematangan awal Renoir, Bal du moulin de la Galette adalah potret khas Impresionis dari kehidupan nyata. Ini menunjukkan kekayaan bentuk, fluiditas sapuan kuas, dan kelap-kelip, cahaya berbintik-bintik matahari.

Dari tahun 1879 hingga 1894 lukisan itu menjadi koleksi pelukis Prancis Gustave Caillebotte; ketika dia meninggal itu menjadi milik Republik Perancis sebagai pembayaran untuk tugas kematian. Dari tahun 1896 hingga 1929 lukisan itu digantung di Musée du Luxembourg di Paris. Dari 1929 itu digantung di Musée du Louvre sampai dipindahkan ke Musée d'Orsay pada 1986.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]