Bahasa siul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bahasa siul adalah bahasa yang menggunakan siulan untuk mengeluarkan suara dan menfasilitasi komunikasi. Sebuah bahasa siulan adalah sebuah sistem komunikasi bersiul yang memungkinkan pensiul memiliki potensi mengirim dan memahami sejumlah pesan tak terbatas pada jarak yang jauh. Bahasa siulan dalam hal ini bebeda dari kode terbatas yang terkadang digunakan oleh pelatih hewan untuk mengirimkan perintah atau pesan sederhana. Secara umum, bahasa siul meniru nada dari bahasa tutur alami, dan juga aspek intonasi dan prosodi, sehingga pendengar yang terlatih yang berbicara bahasa yang sama bisa memahami pesan yang tersandi. Penutur Bahasa Inggris mengalami hal yang sama saat mereka mendengar suara gelombang-sinus. [1]

Bahasa siul sangat langka dibandingkan dengan bahasa suara, tetapi ditemukan dikultur diseluruh dunia. Hal ini sangat umum pada pada bahasa yang menggunakan nada yang mana nada siulan mengirimkan nada dari silabus (melodi nada dari kata). Hal ini mungkin karena pada bahasa nada melodi nada membawa fungsi komunikasi yang lebih sedangkan pada fonologi bukan-nada membawa lebih sedikit. Asal mula dari bahasa siul belum pernah tercatat dan belum pernah mendapatkan kajian yang produktif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Davis, Matt (24 November 2007). "An Introduction to Sine-Wave Speech". Cognition and Brain Sciences Unit. Diakses tanggal 25 February 2014.