Bahan aktif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahan aktif atau zat aktif adalah bahan dalam obat farmasi atau pestisida yang aktif secara biologis. Istilah serupa bahan aktif farmasi dan aktif massal juga digunakan dalam pengobatan, dan istilah zat aktif dapat digunakan untuk produk alami. Beberapa produk obat mungkin mengandung lebih dari satu bahan aktif. Kata tradisional untuk agen farmasi aktif adalah pharmacon atau pharmakon (dari bahasa Yunani: φάρμακον, diadaptasi dari pharmacos) yang awalnya menunjukkan zat ajaib atau obat

Istilah konstituen aktif atau prinsip aktif sering dipilih ketika merujuk pada zat aktif yang menarik dalam tanaman (seperti asam salisilat dalam kulit pohon willow atau arecoline dalam kacang pinang), karena kata bahan dalam banyak pikiran berkonotasi dengan perasaan agensi manusia ( yaitu, sesuatu yang seseorang gabungkan dengan zat lain), sedangkan produk alami yang terdapat pada tanaman tidak ditambahkan oleh agensi manusia, melainkan terjadi secara alami ("tanaman tidak memiliki bahan").

Berbeda dengan bahan aktif, bahan aktif biasanya disebut eksipien dalam konteks farmasi. Eksipien utama yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan bahan aktif biasanya disebut kendaraan. Petrolatum dan minyak mineral adalah kendaraan umum.

Obat-obatan[sunting | sunting sumber]

Bentuk sediaan untuk farmasi mengandung bahan farmasi aktif, yang merupakan zat obat itu sendiri, dan eksipien, yang merupakan bahan dari tablet, atau cairan di mana zat aktif ditangguhkan, atau bahan lain yang lembam secara farmasi. Obat dipilih terutama untuk bahan aktifnya. Selama pengembangan formulasi, eksipien dipilih dengan hati-hati sehingga bahan aktif dapat mencapai situs target dalam tubuh pada kecepatan dan tingkat yang diinginkan.

Pasien sering mengalami kesulitan mengidentifikasi bahan aktif dalam pengobatan mereka, dan sering tidak menyadari gagasan tentang bahan aktif. Saat pasien menggunakan banyak obat, bahan aktif dapat saling mengganggu, sering kali mengakibatkan komplikasi parah atau mengancam jiwa.[1] Sekarang ada layanan online yang dapat mengidentifikasi bahan aktif dari sebagian besar obat, seperti basis data Obat-obatan yang menyediakan informasi tentang obat-obatan yang tersedia di Australia.

Obat alami[sunting | sunting sumber]

Dalam phytopharmaceutical atau jamu, bahan aktif mungkin tidak diketahui atau mungkin memerlukan kofaktor untuk mencapai tujuan terapeutik. Hal ini menyebabkan komplikasi dalam pelabelan. Salah satu cara produsen berusaha menunjukkan kekuatan adalah dengan melakukan standardisasi pada senyawa penanda. Namun, standardisasi belum tercapai: perusahaan yang berbeda menggunakan penanda yang berbeda, atau kadar penanda yang berbeda, atau metode pengujian senyawa penanda yang berbeda. Misalnya, St. John's wort sering distandardisasi untuk hypericin yang sekarang dikenal tidak menjadi "bahan aktif" untuk penggunaan antidepresan. Perusahaan lain melakukan standardisasi hiperforin atau keduanya, meskipun mungkin ada 24 konstituen aktif yang diketahui. Banyak dukun percaya bahwa bahan aktif dalam tanaman adalah tanaman itu sendiri.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Drug Interactions: Know the Ingredients, Consult Your Physician on eMedicineHealth.com". MedicineNet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-17. 
  2. ^ Boyd, David (1999-10). "The Way of Chinese HerbsThe Way of Chinese Herbs by Michael Tierra , L.Ac, OMD, Pocket Books, New York, 1998, 474 pp., $14.00, ISBN: 0-671-89869-8". The Journal of Alternative and Complementary Medicine. 5 (5): 491–492. doi:10.1089/acm.1999.5.491. ISSN 1075-5535. 

"Medicines". NPS MedicineWise. October 28, 2012.