Bahá'u'lláh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahá'u'lláh
Bahá'u'lláh pada tahun 1868
Informasi pribadi
Lahir
Mírzá Ḥusayn-`Alí Núrí
Bahasa Persia: میرزا حسین علی نوری

12 November 1817
Tehran, Persia (sekarang Iran)
Meninggal29 Mei 1892
Dikenal sebagaiPendiri Kepercayaan Bahá'í
Kedudukan senior
Penerus`Abdu'l-Bahá

Baháʼu'lláh (lahir dengan nama Ḥusayn-ʻAlí; 12 November 1817 – 29 Mei 1892) adalah pendiri kepercayaan Baháʼí. Ia lahir dari keluarga aristokrat di Persia, dan diasingkan karena kepatuhannya pada ajaran mesianik Bábisme. Pada tahun 1863, di Irak, dia pertama kali mengumumkan klaimnya atas wahyu dari Tuhan, dan menghabiskan sisa hidupnya di penjara Kesultanan Utsmaniyah. Ajarannya berkisar pada prinsip persatuan dan pembaruan agama, mulai dari kemajuan moral dan spiritual hingga tata dunia.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai putra menteri kesehatan negara, Bahá’u’lláh terpelajar dengan baik dalam kesusteraan dan sangat dihargai dalam seni kaligrafi. Ia mempelajari Qur’an dan karya-karya puisi Persia klasik. Bahá’u’lláh menyukai alam & menghabiskan waktu di luar rumah dan suatu waktu berkata, “Negara adalah dunia dari jiwa, kota adalah dunia dari tubuh”. Bahkan di usia mudanya, Bahá’u’lláh mengherankan mereka disekitarnya dengan kemampuannya untuk berbicara hal-hal di atas usianya. Membawa gambaran keagamaan masa itu didengarkan dengan perhatian besar sebagaimana ia memberikan penjelasan-penjelasan yang jelas kepada pertanyaan keagamaan yang ruwet. Ketika Bahaullah tumbuh dewasa, ia ditawari karier sebagai menteri dalam pemerintahan tetapi menolak karena aktivitas-aktivitas philantropis Pada usia 18, ia menikah dengan putri seorang mulia dan ia sepenuhnya mendukung kecendrungan spiritualnya. Saat awal usia 20an, ia diberi gelar “ayah para kaum miskin” atas kementeriannya yang penuh kasih kepada mereka yang membutuhkan.

Tahun 1844, Bahaullah belajar pada seorang suci bernama “Bab”, yang dalam bahasa Arab berarti “Gerbang”. Bab secara aktif menyatakan bahwa hari agung manifestasi ilahi yang ditunggu semua agama telah tiba dan ajarannya menyebar dengan cepat diseluruh Iran. Noting yaitu tulisan dari Bab menggerakkan jiwanya di jalan yang sama seperti halnya Qur’an, Bahaullah siap menerima ajaran-ajaran itu dan mulai membaginya. Tetapi pada tahun 1848 komunitas itu telah mendapat perhatian para penguasa, yang, merasa terancam, mulai menyiksa para pengikut-pengikut Bab. Bahaullah dipenjara dan disiksa. Pada usia muda 31 tahun, Bab wafat pada tahun 1850, demikian juga hampir seluruh pemimpin keyakinan itu. Bahaullah, bagaimanapun, bertahan secara ajaib, meskipun ditahan atas tuntutan yang salah. Itu adalah selama waktu ini ketika Tuhan mengungkapkan padanya melalui pengalaman-pengalaman gaib, tugas ilahinya. Dalam banyak cara yang sama sebagaimana Yohanes Pembabtis telah menggembar- gemborkan kedatangan Yesus, Bab, dalam tulisannya telah menyinggung dengan “Orang yang Dijanjikan” yang biasa ia sebutkan sebagai “Ia yang pada siapa Tuhan akan bermanifestasi”. Tuhan menungkapkan pada Bahaullah bahwa ia adalah yang sangat satu itu, tetapi masa untuk membuat masyarakat ini tidak akan datang untuk lebih dari satu dasawarsa. Setelah dibebaskan dari penjara, Bahaullah dibuang dari tanah asalnya jadi memulai 40 tahun pembuangan baginya dan keluarganya sepanjang Kerajaan Ottoman yang luas. Meskipun hidupnya sering dalam pergolakan, Bahaullah menulis lebih dari seratus jilid yang berisi pesan-pesan yang diungkapkan secara ilahi yang ia terima.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith 2000, hlm. xiv-xv, 69-70.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]