Badjoeri Widagdo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Badjoeri Widagdo
Lahir 23 Februari 1945 (umur 72)

Badjoeri Widagdo (lahir di Lamongan, Jawa Timur, 23 Februari 1945; umur 72 tahun) adalah seorang pengamat politik dan juga penulis buku politik asal Indonesia. Ia juga merupakan seorang perwira TNI dengan jabatan Brigjen TNI Purnawirawan.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari SMA Majapahit di Mojokerto tahun 1963, ia masuk ke Akademi Militer Nasional (AMM) di Magelang dan dilantik sebagai perwira pertama tahun 1966 dengan gelar Letnan Dua.

Pendidikan formal yang ia tempuh adalah Fakultas Hukum STHM (S1) dan Magister Hukum STHM Jakarta. Karier militernya dimulai sebagai Dan Ton di Yonif Linud 401 Kostrad. Jabatan terakhir sebelum purna tugas adalah sebagai staf ahli Menteri Transmigrasi RI. Di luar itu ia juga menjadi pelatih penembak militer dan beberapa pendidikan professional menembak.

Dunia politik[sunting | sunting sumber]

Ia mulai turun ke dunia sosial politik ketika masuk sebagai Korspri Kasospol ABRI tahun 1992. Mulai menjadi pengamat pemilu sejak tahun 1992, dan kemudian menjadi staf pengamat kampanye nasional pemilu 1997.

Buku politik pertama yang ia sunting antara lain, "Transmigrasi dan Negara Kepulauan" karya Siswono Yudhohusodo (1998) dan "Transmigrasi: Gagasan, Ucapan, dan Tindakan" oleh AM. Hendropriyono (1993). Buku pertama yang ia tulis adalah "Serangkum Butir Nasihat Sang Ayah" (2003) yang disusul dengan "Manajemen Pemasaran Parpol Menangkan Pemilu 2004" (2004).[1] Selain itu ia juga aktif sebagai kolomnis di beberapa media cetak (koran, majalah, dan tabloid).

Sejak 2001 ia dipercaya membantu sebagai asisten kepala Badan Intelejen Negara (BIN). Ia juga menjadi pemimpin redaksi SKM Maklumat sejak tahun 2003 hingga sekarang. Selain itu ia juga merupakan salah satu pendiri dari Lembaga Anti Fraud Indonesia.[2]

Pada pemilu legislatif 2009 nanti, rencananya Badjoeri Widagdo akan menjadi caleg dari PAN untuk daerah kota Depok. Sebenarnya ia sempat mencalonkan diri sebagai caleg dari daerah pemilihan Jawa Tengah pada 2004 (juga dengan PAN)[3][4][5], namun ia gagal. Kini ia mencoba lagi peruntungannya di dunia legislatif dengan masih bergabung di partai yang sama, tetapi dengan dareh pemilihan yang berbeda.

Referensi[sunting | sunting sumber]