Bacillus anthracis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Bacillus anthracis
Bacillus anthracis Gram.jpg
Fotomikrograf B. anthracis (pewarnaan Gram)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Bacteria
Filum: Firmicutes
Kelas: Bacilli
Ordo: Bacillales
Famili: Bacillaceae
Genus: Bacillus
Spesies: B. anthracis
Nama binomial
Bacillus anthracis
Cohn 1872

Bacillus anthracis adalah bakteri Gram-positif berbentuk batang yang berukuran sekitar 1x6 mikrometer dan merupakan penyebab penyakit antraks.

B. anthracis adalah bakteri pertama yang terbukti dapat menyebabkan penyakit. Hal ini diperlihatkan oleh Robert Koch pada tahun 1877. Nama anthracis berasal dari bahasa Yunani anthrax (ἄνθραξ), yang berarti batu bara, merujuk kepada penghitaman kulit pada korban.

Bakteri ini umumnya terdapat di tanah dalam bentuk spora dan dapat hidup selama beberapa dekade dalam bentuk ini. Jika spora masuk ke dalam tubuh herbivora, bakteri ini akan berkembang biak dalam hewan tersebut dan akhirnya membunuhnya, lalu terus berkembang biak di bangkai hewan tersebut. Saat gizi-gizi hewan tersebut telah habis diserap, mereka berubah bentuk kembali ke bentuk spora.[butuh rujukan]

Bacillus anthracis mempunyai gen dan ciri-ciri yang menyerupai Bacillus cereus, bakteri yang biasa ditemukan dalam tanah di seluruh dunia, serta menyerupai Bacillus thuringiensis, patogen larva Lepidoptera.

Biakan Bacillus anthracis