Aw Chu Kin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aw Chu Kin (Hanzi: 胡子钦; Pinyin: Hú Zǐqīn; ? - 1908 di Rangoon, Raj Britania) adalah seorang ahli herbal Tionghoa-Burma yang paling dikenal sebagai pencipta merek Tiger Balm.

Ayah Aw Chu Kin adalah seorang praktisi pengobatan Tionghoa di Xiamen yang merupakan keturunan Hakka asal Kabupaten Yongding. Menjadi dari latar belakang miskin, Aw Chu Kin pertama kali berimigrasi ke Singapura di mana dia tinggal di kongsi dari klannya. Dia kemudian pindah ke Penang dan mulai bekerja sebagai ahli pengobatan tradisional Tionghoa, dikenal sebagai sinse (先生) di sana. Setelah itu, dia pindah ke Rangoon, dengan bantuan pamannya yang mendirikan ahli obat bernama Eng Aun Tong (永安堂) pada tahun 1870.

Aw Chu Kin menikah di Rangoon. Dia memiliki tiga putra, dengan tertua Aw Boon Leng mati muda. Dia meninggalkan dua putranya, Aw Boon Haw dan Aw Boon Par. Pada tahun 1892, Aw dikirim Boon Haw ke desa kakeknya untuk menjadi diperintahkan dalam metode tradisional Tionghoa sementara Boon Par tetap di Rangoon untuk menerima pendidikan Inggris. Dia meninggalkan bisnisnya untuk anak muda Boon Par yang kemudian disebut kakaknya untuk menjalankan Eng Aun Tong bersama-sama.

Sumber[sunting | sunting sumber]