AvtoVAZ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
JSC AvtoVAZ Common
Jenis Perusahaan publik
Simbol saham MICEX-RTSAVAZ
Industri/jasa Otomotif
Didirikan 1966
Kantor pusat Tolyatti, Rusia
Tokoh penting Igor Komarov (Presiden)
Produk Mobil
Pendapatan US$ 6,2 miliar (2008)
Karyawan 130.698
Situs web lada-auto.ru

AvtoVAZ (bahasa Rusia: АвтоВАЗ, MICEX-RTSAVAZ) adalah perusahaan otomotif asal Rusia yang dulunya dikenal sebagai VAZ: Volzhsky Avtomobilny Zavod (ВАЗ, Во́лжский автомоби́льный заво́д), tetapi di dunia lebih dikenal sebagai Lada. Perusahaan ini didirikan pada akhir 1960-an dengan kolaborasi dengan Fiat. "AvtoVAZ" sendiri merupakan singkatan dari for "Avtomobilniy Volzhsky Avtomobilny Zavod" ("Automobile Volga Automobile Plant"). Saat ini, AvtoVAZ adalah perusahaan terbesar di industri otomotif Rusia. 25% saham perusahaan ini dimiliki oleh pabrikan mobil asal Perancis, Renault.

Perusahaan ini memproduksi hampir 1 juta unit mobil tiap tahunnya, diantaranya Kalina, Lada 110 dan Niva. Pabrik VAZ merupakan salah satu pabrik terbesar di dunia, dengan panjang jalur produksi lebih dari 90 mil (140 km).

Pada awalnya, mobil-mobil buatan Lada ditujukan sebagai "mobil rakyat" bagi konsumen-konsumen di Blok Timur. Lada juga dijual di beberapa negara barat pada tahun 1970-1980an sebagai "mobil murah", misalnya di Kanada, Inggris, Perancis, Belgia, Luksemburg, dan Belanda. Mobil ini tidak diekspor ke Amerika Serikat karena terkena sanksi perdagangan, dan juga dilarang dijual di Italia atas perjanjian antara Pemerintah Soviet dan Fiat untuk melindungi pasar Fiat dari serbuan mobil murah di negara asalnya sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]