Avoskin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Avoskin merupakan merek produk kecantikan lokal Indonesia di bawah naungan PT AVO Innovation & Technology dan berdomisili di Yogyakarta yang didirikan oleh Anugrah Pakerti, salah satu CEO berpengaruh di Asia 30 Under 30 versi Forbes. Avoskin pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 dengan mengusung konsep green & clean beauty, yaitu menghadirkan produk-produk kecantikan dengan mengedepankan pendekatan sustainability. Pendekatan sustainability ini meliputi dari proses concepting hingga pemasaran dan pasca-pemakaian produknya. Produk-produk Avoskin juga diformulasikan secara inovatif dengan signature-nya natural-science ingredients. Beberapa bahan natural yang Avoskin gunakan diantaranya seperti esktrak aloe vera, tea tree, kiwi, mandarin orange, damask rose, dan rasberi.[1] Avoskin membeli bahan baku ini dari para petani lokal di daerah Jawa dan Bali sehingga dikenal juga sebagai penggerak ekonomi dalam negeri.[2]

Sedangkan ingredients lain yang tidak tersedia di Indonesia, diperoleh dari berbagai negara dengan tetap mengedepankan unsur ramah lingkungan pada pemilihannya. Hingga tahun 2023, Avoskin telah meluncurkan lebih dari 80 produk kecantikan, diantaranya adalah Avoskin Miraculous Refining Series, Avoskin Retinol Series, Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence, dan series yang memiliki banyak varian produk yaitu Your Skin Bae Series. Kemudian sejak akhir 2022 Avoskin juga mulai masuk personal care category dengan menghadirkan My Serendipity Deep Body Cleanser.

Program CSR oleh Avoskin[sunting | sunting sumber]

Selain fokus pada pengembangan produk yang inovatif, Avoskin juga semakin gencar melakukan program CSR yang menyasar pelestarian alam dan social empowerment. Sejak tahun 2018, Avoskin terus bekerjasama dengan berbagai LSM dalam maupun luar negeri untuk pelestarian lingkungan. Mulai dari WWF hingga 2 tahun terakhir bekerjasama dengan BOS Foundation untuk program adopsi orangutan dan reforestasi.

Selain itu, Avoskin juga bekerjasama dengan banyak partner lainnya seperti Carbonetics, Greeneration ID, dan lainnya. Tidak hanya bekerjasama dengan LSM atau third party untuk program sustainability, tetapi Avoskin juga memiliki program digital take back yang fokus utamanya ada pada pengembalian botol atau tube bekas pakai produk Avoskin. Digital take back ini dilakukan bekerjasama dengan Waste4Change. Sementara secara offline, customer juga bisa mengembalikan kemasan bekas Avoskin di Sociolla Store atau Watsons.

Selain itu, program social empowerment juga dilakukan dengan fokus utama pada program pemberdayaan perempuan dan anak dengan concern yang memberikan efek baik berkelanjutan. Beberapa partner yang telah bekerjasama dengan Avoskin seperti Torajamelo, Duanyam, Rumah Faye, SOS Children, dan beberapa lembaga lainnya. Program-program tersebut dilaksanakan oleh Avoskin sebagai wujud pertanggungjawaban sosial dan alam karena sebaik-baiknya bisnis yang berkembang adalah yang memberi efek baik kepada sekitar.

Ekspansi Bisnis dan Market[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2020, tren pertumbuhan bisnis skincare menunjukkan grafik yang positif. Begitu pun dampaknya untuk Avoskin. Sejak awal 2022 Avoskin melebarkan sayap distribusi produknya ke beberapa negara di ASEAN dan terus menjalin komunikasi positif dengan potensial partner dari berbagai negara. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung target perekonomian Indonesia dengan meningkatkan angka ekspor produk lokal berkualitas ke berbagai negara di Indonesia. Terlebih pada 2022 yang lalu, Avoskin sempat ikut serta juga dalam pameran di Korea Selatan setelah memenangkan kompetisi Tempo Young Entrepeneur. Pameran ini cukup berarti untuk meningkatkan keterlihatan Avoskin di kancah internasional. Kemudian pada awal 2023 ini, Avoskin juga mendapatkan penghargaan dari media Singapore, Daily Vanity untuk 3 produknya.

Avoskin Menggandeng Dua Brand Ambassador[sunting | sunting sumber]

Pada awal hadirnya Avoskin, brand ini telah bekerjasama dengan Marissa Nasution sebagai brand Ambassador yang dipercaya bisa membantu meningkatkan brand value Avoskin. Marissa resmi menjadi Brand Ambassador Avoskin sejak 2017 dan berakhir pada 2018. Kemudian pada tahun 2022, Avoskin kembali bekerja sama dengan artis lain yang dinilai memiliki spirit dan value sesuai dengan Avoskin. Avoskin bekerjasama dengan Park Hyung Sik sebagai Brand Ambassador untuk membantu meningkatkan gaung Avoskin di Indonesia maupun mancanegara. Kemudian pada Juni 2022, Avoskin resmi mengumumkan brand Ambassador kedua yaitu Refal Hady. Keduanya memiliki karakter yang berbeda, tetapi punya kesamaan value dengan Avoskin. Kerjasama ini terbukti membawa Avoskin lebih dikenal di market yang lebih luas.

Avoskin dan Rubi Community[sunting | sunting sumber]

Dengan spirit pemberdayaan perempuan dan keinginan Avoskin untuk memberikan ruang tumbuh bagi para perempuan di Indonesia, Avoskin berinisiasi membuat brand community yang dikenal dengan nama Rubi Community. Saat ini Rubi Community berfokus pada program pengembangan soft skill perempuan yang tergabung di dalamnya. Para member, sebutan untuk member Rubi Community ini berasal dari seluruh kota di Indonesia dengan total aktif member mencapai lebih dari 10 ribu orang. Program Rubi Community dibuat align dengan spirit brand yang kemudian dirumuskan dalam 4 pilar yaitu, sustainability, empowerment, entrepeneur, dan creativity.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Avoskin telah mendapatkan beberapa penghargaan dari beberapa platform kencatikan, diantaranya adalah:

  • Female Daily Best of Beauty Awards 2018, kategori Best Eye Cream dengan produk Avoskin Nourishing Eye Treatment[3]
  • Female Daily Best of Beauty Awards 2019, kategori Best Face Serum/Essence dengan produk Avoskin Miraculous Refining Serum[4]
  • Female Daily Best of Beauty Awards 2019, kategori Best Exfoliating Toner dengan produk Avoskin Miraculous Refining Toner [5]
  • Sociolla Awards 2020, kategori Best in Local Brand Skincare [6]
  • Female Daily Best of Beauty Awards 2020, kategori Local Brand of The Year [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mengenal Brand Avoskin Menurut Erny Kurniawati, Associate Brand Officer of Avoskin". AVO Innovation & Technology. 2018-12-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-15. Diakses tanggal 2020-08-21. 
  2. ^ "Anugrah Pakerti". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-21. 
  3. ^ "Best of Beauty Awards 2020 - Female Daily". awards.femaledaily.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-23. Diakses tanggal 2020-08-21. 
  4. ^ awards.femaledaily.com http://awards.femaledaily.com/. Diakses tanggal 2020-08-21.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  5. ^ awards.femaledaily.com http://awards.femaledaily.com/#winners-detail-boba. Diakses tanggal 2020-08-21.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  6. ^ "SOCO by Sociolla". www.soco.id. Diakses tanggal 2021-12-16. 
  7. ^ "Female Daily Best of Beauty Awards - Femaledaily | Category". awards.femaledaily.com. Diakses tanggal 2021-12-16.