Autocourse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Autocourse adalah sebuah publikasi tahunan yang meliput ajang olahraga otomotif, khususnya Formula Satu, dan ajang-ajang balap lainnya. Acara tahunan mencakup periode panjang sejarah olahraga ini, dari tahun 1951 hingga saat ini, dan, oleh karena itu, publikasi ini sangat layak untuk dikoleksi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama Autocourse terbit pada tahun 1951, sebagai ulasan triwulanan tentang olahraga balap, awalnya dengan setiap artikel dalam empat bahasa (Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia). Tujuannya adalah "untuk menyediakan data terlengkap yang dapat diperoleh dengan informasi menarik dan otentik, menyelesaikan argumen, dan menyediakan pembelajaran dan hiburan menarik selama berjam-jam." Pada tahun 1957 terjadi pergantian penerbit dengan judul berubah menjadi 'Autocourse - For Motoring Sportsmen' dan kemudian menjadi 'Autocourse and Sporting Motorist' hingga tahun 1959. Autocourse pertama dalam bentuk tahunan diterbitkan pada tahun 1959 sebagai sampul kertas. Untuk edisi sampul keras tahunan pertama adalah tahun 1961/62 yang berlanjut hingga hari ini. Pada tahun 1963, Jim Clark memulai tradisi Juara Dunia F1 menulis kata pengantar untuk acara tahunan tersebut, sebuah tradisi yang baru terpatahkan pada tahun 1991, ketika Senna menolak menyusul perselisihan mengenai Sepuluh Pembalap Teratas tahunan tersebut (lihat di bawah).

Mulai tahun 1966, editor tahunan (saat ini Tony Dodgins, yang mengambil alih pada tahun 2016 setelah kematian editor lama Alan Henry) telah memilih Sepuluh Pembalap F1 Teratas setiap musim. Pada tahun 1991, Tinjauan Formula Satu diubah menjadi format tim demi tim. Pada tahun 2000, Autocourse merayakan hari jadinya yang ke-50. Pada tahun 2005, Bryn Williams mengambil alih penerbitan tahunan bersama Crash Media Group, yang membeli seri tersebut dari Hazleton Publishing (penerbit sejak 1975).[1]

Pada akhir tahun 2009, CMG mengonfirmasi kesepakatan untuk menjual judul tersebut kepada Icon Publishing (yang dibentuk lagi oleh Bryn Williams dengan Steve Small yang telah lama menjalin hubungan dengan tahunan dari menjadi Editor Gambar).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crash Media Group". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-14. Diakses tanggal 2006-10-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]