Aturan L'Hôpital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Contoh penerapan aturan L'Hopital untuk fungsi f(x) = sin(x) dan g(x) = −0.5x. Fungsi h(x) = f(x)/g(x) tidak terdefinisi pada x = 0 namun dapat dibuat menjadi sebuah fungsi kontinu di setiap R dengan mendefinisikan h(0) = f′(0)/g′(0) = −2.

Dalam kalkulus, Aturan L'Hôpital merupakan sebuah teknik derivatif (turunan) yang berguna untuk menentukan nilai limit yang melibatkan bentuk tak tentu. Penerapan (atau penerapan berulang) aturan ini akan mengubah bentuk tak tentu menjadi bentuk tentu. Dengan demikian, nilai suatu limit dapat dengan mudah ditentukan. Aturan ini paling sering digunakan dalam bidang fisika, ekonomi dan masih banyak lagi.

Dalam bentuk yang paling sederhana, dalil l’Hôpital menyatakan bahwa untuk fungsi ƒ dan g yang dapat diturunkan pada selang terbuka I, bisa jadi terdapat suatu titik c dalam selang I yang tidak terdefinisi. Jika

untuk semua x di I dengan xc,

dan

ada,

maka

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Guillaume de l'Hôpital (juga ditulis l'Hospital[a]) mempublikasikan aturan ini pada bukunya yang terbitkan pada tahun 1696 berjudul Analyse des Infiniment Petits pour l'Intelligence des Lignes Courbes (terjemahan Inggris: Analysis of the Infinitely Small for the Understanding of Curved Lines), buku teks pertama dalam ilmu kalkulus diferensial.[1][2] Meskipun demikian, aturan ini diyakini pertama kali ditemukan oleh matematikawan dari Swiss bernama Johann Bernoulli.[3][4]

Bentuk umum[sunting | sunting sumber]

Bentuk umum dari aturan L'hopital dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak kasus. Misal c dan L berupa bilangan real yang diperluas (bilangan real, tak hingga positif, atau tak hingga negatif)[5] dan I merupakan selang terbuka yang mengandung c atau selang terbuka dengan akhiran c (untuk limit sepihak atau limit di tak hingga dengan c tak hingga). Fungsi f dan g diasumsikan dapat diturunkan pada I, tetapi kemungkinan tidak dapat diturunkan pada c, dan pada I namun kemungkinan tidak pada c. Diasumsikan pula bahwa Dengan demikian, aturan ini dapat diterapkan ketika rasio turunan memiliki jumlah hingga maupun tak hingga, tetapi tidak ketika rasio turunan mengalami fluktuasi permanen saat x semakin mendekat ke c.

Apabila

atau

maka

Meskipun kita menulis x → c, limit di atas bisa saja berupa limit sepihak (x → c+ atau x → c).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pada abad ke-17 dan ke-18, nama ini umumnya dieja "l'Hospital". Ia sendiri mengeja namanya menggunaan ejaan tersebut. Meskipun demikian, Ejaaan Prancis telah berubah: huruf "s" telah dihapus dan diganti dengan sirkompleks pada huruf sebelumnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ O'Connor, John J.; Robertson, Edmund F. "De L'Hopital biography". The MacTutor History of Mathematics archive. Scotland: School of Mathematics and Statistics, University of St Andrews. Diakses tanggal 21 Desember 2008. 
  2. ^ L’Hospital. "Analyse des infiniment petits".
  3. ^ Boyer, Carl B.; Merzbach, Uta C. (2011). A History of Mathematics (edisi ke-3rd illustrated). John Wiley & Sons. hlm. 321. ISBN 978-0-470-63056-3.  Extract of page 321
  4. ^ (Inggris) Weisstein, Eric W. "L'Hospital's Rule". MathWorld. 
  5. ^ Liyanti, Dwi (2017). "Karakteristik Integral Khintchine" (PDF). Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto: 12. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Kurnianingsih, Sri (2007). Matematika SMA dan MA 2B Untuk Kelas XI Semester 2 Program IPA. Jakarta: Esis/Erlangga. ISBN 979-734-503-3.  (Indonesia)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]