Atur ulang (komputasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam komputer atau sistem transmisi data, atur ulang akan menghapus kesalahan atau kejadian apa pun yang tertunda dan membawa sistem ke kondisi normal atau keadaan awal, biasanya dengan cara yang terkendali. Hal ini biasanya dilakukan sebagai respons terhadap kondisi kesalahan ketika aktivitas pemrosesan tidak mungkin atau tidak diinginkan untuk dilanjutkan dan semua mekanisme pemulihan kesalahan gagal. Program penyimpanan komputer biasanya akan melakukan "atur ulang" jika waktu perintah habis dan skema pemulihan kesalahan seperti coba lagi atau batalkan juga gagal. [1]

Atur ulang perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Atur ulang perangkat lunak dimulai oleh perangkat lunak, misalnya, kombinasi tombol Control-Alt-Delete telah ditekan, atau menjalankan mulai ulang di Microsoft Windows .

Atur ulang perangkat keras[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar komputer memiliki jalur atur ulang yang membawa perangkat ke status startup dan aktif untuk waktu yang singkat setelah dinyalakan. Misalnya, dalam arsitektur x86, menegaskan baris RESET akan menghentikan CPU; hal ini dilakukan setelah sistem dihidupkan dan sebelum catu daya menyatakan "daya baik" untuk menunjukkan bahwa sistem siap memasok tegangan stabil pada tingkat daya yang memadai. [2] Penyetelan ulang memberikan lebih sedikit tekanan pada perangkat keras dibandingkan perputaran daya, karena daya tidak dihilangkan. Banyak komputer, terutama model lama, memiliki tombol "atur ulang" yang dapat diakses pengguna yang menyatakan baris atur ulanguntuk memfasilitasi mulai awal ulang sistem dengan cara yang tidak dapat dijebak (yaitu dicegah) oleh sistem operasi. Pengelolaan luar-pita juga sering kali memberikan kemungkinan untuk mengatur ulang sistem jarak jauh dengan cara ini.

Banyak sirkuit digital berkemampuan memori ( kalak-kalik, register, penghitung dan sebagainya) menerima sinyal atur ulang yang mengaturnya ke keadaan yang telah ditentukan sebelumnya. Sinyal ini sering kali diterapkan setelah dihidupkan, namun dapat juga diterapkan dalam keadaan lain. Setelah pengatur ulangan keras, status register banyak perangkat keras telah dihapus.

Kemampuan perangkat elektronik untuk mengatur ulang sendiri jika terjadi kesalahan atau kehilangan daya yang tidak normal merupakan aspek penting dari desain dan pemrograman sistem tertanam . Kemampuan ini dapat diamati pada perangkat elektronik sehari-hari seperti televisi, perlengkapan audio, atau perangkat elektronik mobil, yang dapat berfungsi kembali meskipun listrik padam secara tiba-tiba. Kesalahan yang tiba-tiba dan aneh pada perangkat terkadang dapat diperbaiki dengan melepas dan memulihkan daya, sehingga perangkat dapat disetel ulang. Beberapa perangkat, seperti pemutar media portabel, sering kali memiliki tombol reset khusus karena rentan terhadap pembekuan atau penguncian. Kurangnya kemampuan atur ulang yang tepat mungkin dapat membuat perangkat tidak berguna setelah listrik padam atau tidak berfungsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. D. Biersdorfer (March 8, 2018). "Windows 10: When to Restore, Reset or Recover". The New York Times. Diakses tanggal January 17, 2023. 
  2. ^ Eggebrecht, Lewis C. (1983). Interfacing to the IBM Personal ComputerPerlu mendaftar (gratis) (edisi ke-1st). Indianapolis: Howard W. Sams & Co. hlm. 32. ISBN 0-6722-2027-X.