Atomium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Atomium adalah sebuah monumen setinggi 103 meter yang dibangun di Brusel, Belgia dalam rangka Expo '58, sebuah World's Fair pada tahun 1958. Monumen ini berbentuk kristal besi yang diperbesar 165 miliar kali.

Sembilan buah bola baja berdiameter 18 m dihubungkan dengan eskalator dalam silinder-silinder mencapai 114,8 kaki, salah satu yang terpanjang di Eropa. Jendela di bola paling atas menyajikan pemandangan kota Brusel, sedangkan bola yang lain menampilkan ekshibisi tahun 1950-an kecuali tiga buah bola yang tertutup bagi pengunjung karena tidak memiliki penyangga vertikal.

Awalnya, monumen ini hanya didesain untuk berdiri selama 6 bulan namun karya arsitek André Waterkeyn ini bisa bertahan sampai sekarang dan kepopulerannya sebagai tujuan turis bisa menyaingi Manneken Pis.

Mulai Maret 2004, renovasi dimulai termasuk mengganti lapisan aluminium menjadi baja tahan karat. Untuk meringankan beban, lapisan aluminium yang dilepas dijual sebagai suvenir pada publik. Sejak Oktober 2004, Atomium tertutup bagi publik dan direncanakan buka kembali pada Januari 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]