Atap tingkap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepasang atap tingkap yang trendi di Howard Memorial Hall, Letchworth

Atap tingkap adalah struktur beratap, seringkali berisi jendela, yang menonjol secara vertikal di luar bidang kecuraman atap.[1] Atap tingkap (juga disebut tingkap) adalah bentuk variasi dari jendela atap.

Atap tingkap biasanya digunakan untuk menambah ruang yang dapat digunakan di loteng dan untuk membuat bukaan jendela di bidang atap.[2] Atap tingkap sering menjadi salah satu elemen utama dari konversi loteng. Sebagai elemen yang menonjol dari banyak bangunan, berbagai jenis atap telah berevolusi untuk melengkapi gaya arsitektur yang berbeda. Ketika struktur muncul di menara gereja dan katedral, biasanya disebut sebagai lucarne.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu penggunaan atap tingkap paling awal adalah dalam bentuk lucarnes, atap ramping yang memberikan ventilasi ke menara gereja dan katedral Gotik Inggris. Contoh awal adalah lucarnes dari puncak menara Katedral Gereja Kristus, Oxford. Atap tingkap telah digunakan dalam arsitektur domestik di Inggris sejak abad ke-16.[3]

Atap tingkap dipopulerkan oleh arsitek Prancis François Mansart, yang menggunakan atap tingkap secara ekstensif di atap mansard yang dirancangnya untuk Paris abad ke-17.[butuh rujukan]

Atap tingkap hari ini adalah fitur luas dari bangunan dari atap bercuram.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of dormer". ArchitecturalDictionary.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 August 2016. Diakses tanggal 23 May 2016. 
  2. ^ Barr, Peter. "Illustrated Glossary - 19th Century Adrian Architecture". Sienaheights.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-08. Diakses tanggal May 23, 2016. 
  3. ^ "Traditional Dormer Windows: Design Guide". tewkesbury.gov.uk. Tewkesbury Borough Council. Diakses tanggal 23 May 2016.