Asuransi Intra Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Asuransi Intra Asia adalah salah satu perusahaan umum di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1999. Berada di bawah naungan PT Asuransi Intra Asia, perusahaan ini meneruskan perusahaan pendahulunya PT Asuransi Marannu . Asuransi Intra Asia lebih menargetkan perusahaan atau korporasi sebagai target konsumen produknya dan lebih kenal secara luas dengan nama Intra Asia Insurance.

Profil[sunting | sunting sumber]

Asuransi Intra Asia adalah asuransi umum yang berkantor pusat di Jakarta.Asuransi ini berdiri sejak 1988.PT. Asuransi Intra Asia semula bernama PT. Asuransi Marannu Mario yang didirikan pada tahun 1988 oleh Haji Andi Sose dengan modal dasar dan modal disetor masing-masing sebesar Rp. 1,5 miliar.

Pada tahun 1996,PT. Asuransi Marannu Mario berubah nama menjadi PT. Asuransi Marannu disertai dengan peningkatan modal dasar dan modal disetor, masing-masing menjadi Rp.60 miliar dan Rp.15 miliar. Kepemilikan saham mayoritas masih dipegang oleh Haji Andi Sose (95%) dan sisanya oleh Koperasi Karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Pada tahun 1999,PT. Intra Asia Corpora membeli seluruh saham yang dimiliki oleh Haji Andi Sose dan nama perusahaan diubah menjadi PT. Asuransi Intra Asia.Perubahan tersebut pada tanggal 27 Juli 1999 yang dijadikan tanggal berdirinya PT Asuransi Intra Asia.Pembelian Saham tersebut disertai dengan peningkatan modal dasar dan modal disetor, masing-masing menjadi Rp. 72 miliar dan Rp. 18 miliar.

Pada tahun 2003,modal disetor PT. Asuransi Intra Asia ditingkatkan menjadi Rp. 33,6 miliar sehingga komposisi kepemilikan saham PT. Intra Asia Corpora menjadi 97,77% dan sisanya oleh Koperasi Karyawan PT. Jasindo sebesar 2,23%.

Pada tahun 2004 sesuai dengan Akta Berita Acara Rapat Nomor 71 tertanggal 26 Februari 2004, modal disetor PT.Asuransi Intra Asia kembali ditingkatkan menjadi Rp. 36,1 milyar yang menjadikan komposisi kepemilikan saham berubah menjadi PT. Intra Asia Corpora sebesar 97,92% dan Koperasi Karyawan PT. Jasindo sebesar 2.08%

Pada tanggal 26 Mei 2010 Pemegang saham PT. Asuransi Intra Asia telah menambah modal disetor sebesar Rp. 50 miliar , sehingga jumlah modal disetor/ dtempatkan menjadi Rp. 87,155 miliar dan ekuitas perusahaan menjadi 79,5 miliar. Penambahan modal disetor tersebut telah disahkan dalam RUPSLB tanggal 16 Juni 2010 oleh Notaris Elly Halida,SH.

Produk[sunting | sunting sumber]

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Kendaraan Bermotor
  3. Asuransi Tanggung Gugat
  4. Asuransi Pengiriman Barang Atau Kargo
  5. Asuransi Kesehatan
  6. Asuransi Rangka Kapal
  7. Asuransi Suretyship/Bonding
  8. Asuransi Rekayasa

Asuransi Kebakaran[sunting | sunting sumber]

Asuransi Kebakaran merupakan salah satu produk unggulan dari Asuransi Intra Asia. Adalah produk asuransi yang menjamin risiko kerugian atau kerusakan yang terjadi pada harta benda tertanggung terhadap risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia.

Ada 2 Jenis asuransi kebakaran yang bisa dipilih tertanggung:

FLEXAS: Perlindungan finansial terhadap properti yang terkena musibah kebakaran (Fire), petir (Lightning), Ledakan (Explosion),  pesawat jatuh atau tertimpa bagian pesawat yang jatuh (Aircraft), Asap (Smoke)

Property/ Industry All Risk (PAR/ IAR): Menjamin hampir semua risiko kerugian seperti: Kerusuhan, Pemogokan, Huru – Hara, Gempa Bumi, Letusan Gunung Api, Tsunami, Banjir, Tanah Longsong, Angin Topan, Tertabrak Kendaraan, dan Pencurian.

Spesialisasi pasarnya adalah: Apartemen & Kondominium, Mall & Komplek perbelanjaan modern, Perkantoran, Hotel, Rumah sakit, Universitas, Kolose, Penerbitan & Percetakan koran, Transportasi Air, Kereta Api serta transportasi udara, perusahaan telekomunikasi, studio siaran video atau televisi, pabrik, industri pulp & paper, industri baja & logam, industri tembakau, pertambangan batu bara, pabrik makanan dan minuman, pabrik kendaraan bermotor, pabrik semen, dan pabrik lainnya yang memiliki risiko.

Asuransi Kendaraan Bermotor[sunting | sunting sumber]

Dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor di jalan, maka semakin berisiko kendaraan kita mengalami kerusakan/ mengalami kerugian. Dengan menjaminkan kendaraan bermotor kita menggunakan asuransi maka risiko kendaraan yang dialami dapat dimitigasi.

Asuransi Intra Asia memiliki 2 jenis yaitu:

-      Comprehensive: Menjamin kendaraan dari kerusakan/kerugian yang disebabkan oleh Kebakaran, Sambaran Petir, Kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal Ferria atau alat penyeberangan resmi lain yang di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat, Tabrakan atau benturan atau terbalik atau tergelincir dari jalan, Perbuatan jahat orang lain, dan Pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan. 

-      Total Loss Only:

Actual Total Loss:

Kerusakan atau kerugian yang disebabkan karena hilang atau dicuri dan tidak diketemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari sejak terjadinya pencurian atas Kendaraan Bermotor yang dipertanggungkan tersebut.

Constructive Total Loss:

kerusakan atau kerugian yang biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau lebih dari 75% (tujuh puluh lima persen) dari harga sebenarnya Kendaraan Bermotor tersebut bila diperbaiki.

Asuransi Intra Asia memberikan jaminan perluasan untuk menjamin kendaraan bermotor dari Banjir termasuk Angin Topan, Gempa Bumi, Tsunami, Huru hara dan kerusuhan (RSCC), Terorisme dan Sabotase, Tanggung Jawab Hukum  Pihak ke III, PA Pengemudi dan Penumpang, Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (PLL).

Asuransi Tanggung Gugat[sunting | sunting sumber]

Asuransi Tanggung Gugat merupakan salah satu keahlian Asuransi Intra Asia. Beberapa produk Asuransi Intra Asia adalah:

-      Public Liability/ Comprehensive General Liability (CGL):

Menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dalam hal terjadi Personal Injury dan atau Property Damage yang terjadi selama periode polis yang disebabkan oleh suatu peristiwa atau kejadian sehubungan dengan bisnis atau aktifitas tertanggung termasuk juga biaya-biaya hukum sehubungan dengan hal-hal tsb.

-      Workmen’s Compensation Insurance (WCI):

Adalah Asuransi Tenaga Kerja yang memberikan perlindungan dengan skala benefit yang lebih besar dari Jamsostek / BPJS Ketenaga kerjaan, skala benefit dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dalam memberikan “kenyamanan” terhadap tenaga kerja.

-      Employers Liability Insurance (ELI)

Adalah Tanggung Jawab Hukum Pemberi Kerja (employers) terhadap Tenaga Kerja (employees) sehubungan dengan kecelakaan kerja (bodily injury) atau penyakit (disease) yang diakibatkan oleh kelalaian pemberi kerja di dalam menyediakan standard keamanan yang seharusnya disediakan atau dipersyaratkan oleh undang-undang atau peraturan yang berlaku.

Tanggung Jawab Hukum Pemberi Kerja (Employers Liability) dalam hal ini adalah diluar santunan dari Jamsostek, Workmen Compensation, Personal Accident yang memang menjadi hak Tenaga Kerja.

-      Automobile Liability Insurance:

Sebagai perluasan jaminan (extended clauses) dari polis Comprehensive General Liability (CGL), dapat juga diterbitkan sebagai perluasan jaminan dari Polis Asuransi Kendaraan Bermotor (PSAKBI), atau dapat juga diterbitkan terpisah (stand-alone).

Polis Automobile Liability menjamin Tanggung jawab hukum tertanggung atas:

(1) kerusakan atas harta benda;

(2) biaya pengobatan, cedera badan dan atau kematian; (termasuk Biaya perkara atau biaya hukum atau bantuan para ahli) yang diderita oleh :

§ Pihak ketiga (selain penumpang, dan keluarga atau pengurus perusahaan jika Tertanggung adalah badan hukum)

§ Penumpang / PLL

Gabungan antara Point A, B, C dan D umumnya di namakan Combine Liability Insurance (CLI) namun mengecualikan Product Liability.

Asuransi Pengiriman Barang/ Kargo[sunting | sunting sumber]

Asuransi Intra Asia ada untuk memberikan jaminan atas risiko kebakaran, kapal tandas/ tenggelam, pembongkaran barang di pelabuhan, pembuangan kargo ke luar kapal (Jettison), barang tersapu ombak laut, pencurian, perampokan, hingga kecelakan lainnya bagi perusahaan atau individu yang bergerak dalam bidang ekspor, import atau usaha dalam bidang perdagangan maupun industri yang ingin mengirimkan barangnya diangkut melalui darat, laut, maupun udara. Adapun 3 jaminan khusus dalam asuransi ini adalah:

Institute Coal Clauses

Jaminan asuransi pengangkutan batu-bara yang umumnya menggunakan kapal tongkang (barge) dan kapal tunda (tug boat) di perairan Indonesia ataupun menggunakan kapal curah (bulk carriers) ke luar negeri.

Institute Bulk Oil Clauses

Jaminan asuransi pengangkutan minyak seperti solar, premium, kelapa sawit (CPO) mineral cair lainnya yang menggunakan kapal tanker. Klausul ini menjamin Kebocoran dari pipa penghubung pada saat “loading, transshipment or discharge” dan Kontaminasi yang disebabkan oleh cuaca buruk

Institute Frozen Food / Meat Clauses

Jaminan asuransi pengangkutan makanan atau daging beku seperti es krim, keju, daging, ikan, dan makanan olahan lainnya yang menggunakan reefer container. Klausul ini menjamin kerugian akibat malfunctioning dari mesin temperatur kontainer.

Asuransi Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Adalah produk yang baru dari Asuransi Intra Asia. Segmen pasarnya adalah Perusahaan yang pastinya menganggap karyawan merupakan aset yang berguna dan penting. Keunggulan dari asuransi kesehatan yang dinamakan IntraHealth ini adalah:

-      Tailor Made: Penyesuaian manfaat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

-      Kebebasan dalam memilih rumah sakit: Peserta dapat memilih rumah sakit yang sesuai dengan keinginannya dimanapun peserta berada.

-      Kebebasan memilih Dokter Umum dan Dokter Spesialis: Peserta dibebaskan dalam menggunakan jasa Dokter Umum dan Dokter Spesialis.

-      Perlindungan Kesehatan selama 24 Jam

-      Coordination of Benefits (COB) BPJS: Peserta dapat melakukan koordinasi manfaat antara asuransi komersil dan BPJS.

-      Administrasi Klaim yang mudah: Maksimal 10 hari kerja tergantung dari persyaratan dokumen

-      Jaringan Provider Ad Medika: didukung dengan pelayanan provider Ad Medika yang telah memberikan pelayanan kesehatan secara luas dan berpengalaman.

Dengan program Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Gigi, Rawat Bersalin, Jaminan Pelayanan Khusus (Kacamata), dan didukung oleh Dokter, Pemasaran, Tenaga Aktuaris, dan Karyawan Operasional serta premi yang bersaing, maka IntraHealth dapat menjadi mitra bisnis yang dapat menjamin kesehatan karyawan perusahaan.

Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)[sunting | sunting sumber]

Perusahaan atau individu yang memiliki kepentingan sebagai pemilik dan/atau operator kapal dan pihak yang berkepentingan atas pembiayaan yang diberikan tidak perlu khawatir akan rangka kapal berikut mesin dan peralatannya dari risiko tenggelam, kecelakaan, kebakaran, ledakan, kekerasan, pencurian oleh orang dari luar kapal, pembajakan, gempa bumi, letusan vulkanik gunung berapi, petir, maupun kerusakan boiler pada mesin atau lambung kapal, karena Asuransi Intra Asia dapat menjamin hal – hal tersebut dengan Asuransi Rangka Kapalnya. Dengan Asuransi ini maka pemilik kapal dapat berbisnis dengan tenang.

Suretyship/ Bonding[sunting | sunting sumber]

Dalam asuransi ini akan ada tiga pihak yang memiliki kepentingan:

Pihak Pertama: Disebut sebagai Surety, yaitu asuransi yang menerbitkan jaminan untuk kepentingan atau permintaan dari pihak kedua.

Pihak Kedua: Disebut sebagai Principal, yaitu pihak yang terikat untuk memenuhi suatu kewajiban yang telah ditentukan atau diperjanjikan oleh pihak ketiga.

Pihak Ketiga: Disebut Obligee, yaitu pihak yang memiliki proyek atau pekerjaan yang akan dikerjakan oleh pihak kedua.

Dengan adanya bonding, apabila perjanjian telah disepakati oleh principal dan obligee tetapi principal wanprestasi dalam menyelesaikan kewajibannya terhadap obligee, maka pihak surety akan menggantikan biaya tersebut. Yang dapat dijaminkan dalam Surety Bond adalah Jaminan Penawaran (tender bond/bidbond), Jaminan pelaksanaan (Performance Bond), Jaminan Pembayaran Uang Muka (Advance Payment Bond), dan Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond). Asuransi Intra Asia yang mempunyai jam terbang pada korporasi dan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara memiliki kemampuan, pengetahuan, dan kecakapan dalam menangani penjaminan ini.

Asuransi Rekayasa/ Engineering:[sunting | sunting sumber]

Pemilik perusahaan, kreditur, penyewa, maupun kuasa pemilik di industri perbelanjaan modern, industri berat, perkantoran, gedung komersil, maupun pembangkit tenaga listrik, dapat dengan tenang menjalankan usahanya dengan menjaminkan objek pertanggungan yang telah direview oleh kontraktor/engineering kepada Asuransi Intra Asia yang akan menjaminkan proyek konstruksi bangunan, jalanan, jembatan, pemasangan/instalasi mesin – mesin, dan berbagai jenis mesin dan peratalan utilitas pada masa operasi.

Selain produk – produk unggulan di atas, Asuransi Intra Asia juga memiliki produk lainnya seperti:

Asuransi Uang: asuransi untuk institusi keuangan baik Bank atau lembaga keuangan lainnya. Memberikan jaminan ganti rugi yang dialami oleh tertanggung baik selama pengiriman (Cash in Transit), dalam penyimpanan di brankas/ Khasanah/ lemari besi (Cash in Safe), dalam cashier box (Cash in Cashier Box) atau di dalam mesin ATM (Cash in ATM).

Asuransi Kecelakaan Diri: memberikan santunan kerugian bagi individu dengan keluarganya bila terjadi musibah kecelakaan diri. Yang bisa diasuransikan adalah ketidakmampuan pemegang polis atau tertanggung untuk melakukan aktivitas sehari – hari dan biaya pengobatan akibat kecelakaan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]