Aspelta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aspelta
Raja Kush, Napata
Colossal statue of King Aspelta MFA.jpg
Patung kolosal Raja Aspelta dari Jebel Barkal, Museum of Fine Arts, Boston.[1]
PendahuluAnlamani
PenerusAramatle-qo
Wafatskt. 580 SM
Pemakaman
Nuri (Nu. 8)
Nama lengkap
Aspelta
AyahSenkamanisken ?
IbuNasalsa
AnakAramatle-qo, Ratu Amanitakaye
<
iz
p
rw
tA
>
Aspelta
dalam Hieroglif

Aspelta adalah seorang penguasa Kerajaan Kush (skt. 600 – skt. 580 SM). Lebih banyak yang diketahui tentang dia dan pemerintahannya daripada kebanyakan penguasa Kush. Dia meninggalkan beberapa prasasti yang diukir dengan catatan pemerintahannya.

Aspelta adalah putra Senkamanisken dan Ratu Nasalsa. Aspelta adalah saudara dan pewaris Anlamani. Sang raja diperkirakan memiliki beberapa istri, termasuk Henuttakhebit (dimakamkan di piramida Nuri 28), Weqemale (dimakamkan di piramida Nuri 40), Asata (dimakamkan di piramida Nuri 42), Artaha (dimakamkan di piramida Nuri 58).[2] dia mungkin juga menikahi saudarinya Madiqen.[3]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Menurut prasasti yang relevan, Aspelta dipilih sebagai penguasa oleh sebuah komite yang terdiri dari dua puluh empat pemimpin agama dan militer. Dia kemudian berangkat ke utara ke Napata untuk dipilih sebagai raja oleh para dewa dan dinobatkan.

Prasasti lain yang mungkin berasal dari pemerintahan Aspelta menceritakan bagaimana sekelompok imam di hukum mati, kemungkinan sebagai hukuman karena bersekongkol melawan raja.

Pada 592 SM, Kush diserang oleh ekspedisi militer Mesir yang diprakarsai oleh Firaun Psamtik II[4] mungkin karena Aspelta merupakan ancaman bagi otoritas firaun ini atas Mesir Hulu, di selatan dan dekat Kush. Para penyerbu menjarah Napata, dan beberapa sejarawan percaya bahwa karena serangan ini, Aspelta memutuskan untuk memindahkan ibu kota Nubia ke kota Meroë yang lebih aman.

Makam[sunting | sunting sumber]

Makam Aspelta terletak di Nuri dan merupakan struktur pemakaman terbesar kedua di sini.[5] Makamnya digali oleh George Andrew Reisner pada 1916 dan banyak barang ditemukan di dalamnya, yang sebagian besar sekarang berada di Museum of Fine Arts, Boston. Istana yang dibangun olehnya dan saudaranya digali oleh Reisner pada 1920.

Galeria artefak[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Statue of King Aspelta". collections.mfa.org (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ Porter and Moss, pg 232
  3. ^ Aidan Dodson & Dyan Hilton: The Complete Royal Families of Ancient Egypt. Thames & Hudson, 2004, pp 236-239 ISBN 0-500-05128-3
  4. ^ The New Encyclopædia Britannica: Micropædia, Vol.8, 15th edition, 2003. p.817
  5. ^ Aspelta
  6. ^ Museum notice
Didahului oleh:
Anlamani
Penguasa Kush Diteruskan oleh:
Aramatle-qo