Aslim Tadjuddin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aslim Tadjuddin
Lahir30 Desember 1949 (umur 74)
Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
PekerjaanEkonom

Aslim Tadjuddin (lahir 30 Desember 1949) adalah seorang ekonom dan mantan deputi gubernur Bank Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai komisaris utama PT Emco Asset Management.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Aslim merupakan putra Minangkabau dari nagari VII Koto Talago, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.[2] Ia memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang. Kemudian ia memperoleh gelar Master of Arts dalam bidang Ekonomi Internasional dari University of Colorado, Boulder, Colorado, Amerika Serikat. Gelar PhD dalam bidang Ekonomi Moneter dan Internasional ia peroleh dari universitas yang sama, dengan disertasi berjudul: Foreign Capital and the Impact of Exchange Rate Adjustments in Oil Exporting Developing Countries: With an Application to Indonesia.

Ia memulai karier di Bank Indonesia pada tahun 1977 sebagai staf Bagian Neraca Pembayaran Urusan Ekonomi Statistik. Tahun 1998 ia dipercaya sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia di New York City, Amerika Serikat. Pada tahun 2002 ia mulai menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Pada tahun 2008 ia terkena kasus aliran dana Bank Indonesia terkait pencairan dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia sebesar Rp 100 miliar.[3] Ia dijadikan tersangka bersama Burhanuddin Abdullah, Aulia Pohan, Maman H Somantri, dan Bun Bunan Hutapea. Setelah menjalani dua pertiga masa hukuman dan remisi, pada tanggal 18 Agustus 2010 Aslim bebas dari hukuman.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil Perusahaan PT Emco Asset Management". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-27. Diakses tanggal 2012-05-31. 
  2. ^ Padangekspress.co.id VII Koto Talago, Kampung Ulama dan Cendikiawan di Indonesia
  3. ^ Vivanews.com Aslim Tadjuddin Tiba di Tahanan Mabes Polri Diarsipkan 2008-12-21 di Wayback Machine.
  4. ^ Kompas.com Aulia Pohan Bebas

Pranala luar[sunting | sunting sumber]