Asaph Hall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Asaph Hall III

Asaph Hall di USNO (United States Naval Observatorium/ Observatorium Pangkalan Laut Amerika Serikat)
Lahir 15 Oktober 1829
Goshen, Connecticut
Meninggal 22 November 1907 (umur 78)
Amerika Serikat
Tempat tinggal Amerika Serikat
Kebangsaan Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Bidang Ahli astronomi
Alma mater New-York Central College, McGrawville
Dikenal atas Penemuan 2 Bulan Mars

Asaph Hall III (15 Oktober, 182922 November, 1907) adalah seorang ahli astronomi berkebangsaan Amerika yang terkenal dalam penemuan Bulan Mars (yang bernama Deimos and Phobos) pada tahun 1877. Dia menemukan orbit satelit dari planet lain dan dari bintang ganda, rotasi Saturnus, dan massa Mars.

Hall lahir di Goshen, Connecticut, putra Asaph Hall II, seorang pembuat jam, dan Hannah Palmer. Ayahnya meninggal ketika ia berusia 13 tahun, meninggalkan keluarga dalam kesulitan keuangan. Jadi Asaph meninggalkan sekolah untuk menjadi magang pada seorang tukang kayu pada usia 16 tahun. Dia kemudian mendaftar di Central College di McGrawville, New York, di mana ia belajar matematika. Di sana ia mengambil kelas dari instruktur geometri dan Jerman, Angeline Stickney. Pada tahun 1856 mereka menikah.

Pada tahun 1856, ia mengambil pekerjaan di Harvard College Observatory dalam Cambridge, Massachusetts, dan ternyata menjadi seorang ahli komputer dari orbits. Hall menjadi asisten astronomer di US Naval Observatory dalam Washington DC pada 1862, dan dalam waktu satu tahun dari kedatangannya dia dijadikan profesor.

1875 di Hall diberikan tanggung jawab untuk USNO 66-cm/26-in teleskop, yang terbesar adalah refractor di dunia pada saat itu. Ia dengan teleskop ini bahwa ia menemukan Phobos dan Deimos pada Agustus 1877. Dia juga melihat white spot on Saturn yang ia digunakan sebagai tanda untuk memastikan planet masa pemutaran. Pada tahun 1884, dia menunjukkan bahwa posisi yang berbentuk bulat panjang lintasan dari Saturn's moon, Hyperion, adalah retrograding oleh sekitar 20 ° per tahun. Balai penyelidikan juga terkenal parallax es dan posisi bintang-bintang di Pleiades klaster.

Hall bertanggung jawab untuk apprenticing Henry S. Pritchett di Naval Observatory di 1875.

Pada Juni 5, 1872 Hall kirimkan artikel berjudul "Pada sebuah Eksperimental Penetapan Pi" ke jurnal utusan Matematika. Artikel muncul di edisi 1873 dari jurnal, volume 2, halaman 113-114. Pada artikel ini Hall melaporkan hasil percobaan di random sampling Hall telah yakin bahwa dia teman, Captain OC Fox, untuk melakukan itu ketika Fox recuperating dari luka diterima di Second Battle of Bull Run. Percobaan telah repetitively pelemparan secara acak denda kawat baja menuju sebuah pesawat kayu permukaan memerintah dengan sama jauh paralel baris. Pi computed adalah sebagai 2ml/an dimana m adalah jumlah persidangan, l adalah panjang dari kawat baja, yang merupakan jarak antara garis-garis paralel, dan n adalah jumlah intersections. Karya ini adalah awal yang sangat didokumentasikan penggunaan sampel acak (yang Nicholas Metropolis akan memberikan nama Monte Carlo metode selama Manhattan Project dari Perang Dunia II) dalam penyelidikan ilmiah.

Hall pensiunan dari Navy di 1891. Ia menjadi dosen di celestial mekanik di Harvard University pada 1896, dan terus mengajar di sana sampai 1901.

Asaph dan mempunyai 4 anak Angeline. Semua lulus dari Harvard University. Anaknya Asaph Hall Jr juga menjadi astronomer, Samuel Stickney Hall meninggal setelah tiga puluh di awal karier di asuransi, Angelo Hall menjadi Unitarian Menteri dan profesor matematika di US Naval Academy, dan Percival Hall menjadi presiden kedua Gallaudet Universitas. Angeline Hall meninggal di 1892. Asaph Hall Mary Gauthier menikah setelah ia sepenuhnya pensiunan ke Goshen, Connecticut pada 1901.

Asaph Hall meninggal pada bulan November, 1907 saat mengunjungi anaknya, Angelo, di Annapolis, Maryland.

Penghargaan dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Ia memenangkan Hadiah Lalande pada 1878, yang Medali Emas Royal Astronomical Society pada 1879, Medali Arago pada tahun 1893, dan itu membuat Chevalier dalam nasional Ordre de la Légion d'honneur (Perancis Legion of Honor). Hall kawah pada Bulan dan juga Hall kawah pada bulan Mars Phobos yang dinamai untuk menghormatinya. Asteroid 3.299 Hall ini juga dinamai untuk menghormatinya.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Angelo Hall. An Astronomer's Wife: The Biography of Angeline Hall. Baltimore: Nunn & Company, 1908. Buku ini telah dicetak ulang oleh BiblioLife (9 Desember 2008). (termasuk bab biografi Asaph Hall)
  • Percival Hall. Asaph Hall, Astronomer. Self published, nd. (booklet, 46 pp.)
  • George William Hill. A Biographical Memoir of Asaph Hall, 1829-1907. Judd and Detwiler: Washington, DC, 1908.