Asal usul dana kampanye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Asal usul dana kampanye adalah metode penggalangan atau pengumpulan dana yang akan digunakan oleh para kandidat politik dalam pemenuhan atas biaya-biaya atau pengeluaran saat dalam kampanye politik, oleh karena itu, terdapat pameo dalam dunia politik Pay-as-You-Go.[1] Jadi para kandidat tersebut benar-benar mengusahakan untuk memulai penggalangan dana sesegera mungkin, bahkan jauh hari sebelum para kandidat mengumunkan keikutsertaannya dalam pemilu. Penggalangan dana awal diperlukan para kandidat untuk menyewa ruang, instalasi telepon, memesan persediaan, dan pembelian ruang iklan karena strategi dan kualitas dari kampanye tergantung pada dana yang tersedia.

Sumber utama dana untuk kampanye kegiatan politik umumnya berasal dari para partisan partai, ketika para kandidat mulai mengumumkan keikutsertaannya dalam kegiatan kampanye maka para kandidat akan meminta dukungan finansial terutama dukungan dari partai politiknya dan dukungan dari partai politik akan sering dapat memberikan promosi pada akses organisasi-organisasi sekutu partai politik tersebut dengan peluang untuk mendapatkan pendanaan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Partisan Payback Over 'Pay-as-You-Go'" (html). The Washington Post. 2 Agustus 2007. 
  2. ^ Hrebenar, Ronald J. (1999). Political parties, interest groups, and political campaigns. Westview Press. hlm. 322. ISBN 0813380081, 9780813380087 Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]