Lompat ke isi

Asal-usul orang Goth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mengenai asal-usul orang Goth sebelum abad ke-3, tidak ada konsensus di kalangan ahli.[1][2] Baru pada abad ke-3 orang Goth mulai dideskripsikan oleh para penulis Romawi sebagai kelompok manusia yang semakin penting di sebelah utara Danube Hilir dan Laut Hitam, di wilayah Rumania, Republik Moldova, dan Ukraina modern. Mereka menggantikan kelompok manusia yang lain yang pernah dominan di daerah tersebut, seperti khususnya Karpi. Namun, sementara beberapa ahli, seperti Michael Kulikowski, percaya bahwa tidak ada cukup bukti untuk mencapai kesimpulan kuat mengenai asal-usul awal mereka, usulan yang paling banyak diterima adalah bahwa orang Goth yang dikenal oleh orang Romawi adalah sebuah kelompok manusia yang tradisinya diwariskan dengan batas tertentu dari orang Gutoni yang hidup dekat delta sungai Vistula di tempat yang sekarang merupakan Polandia. Lebih spekulatif, orang Gutoni mungkin terhubung secara budaya dengan orang Guti di Gotland dan orang Geti di Skandinavia selatan.

Orang Goth pada zaman kuno akhir dianggap lebih berkerabat dekat dengan orang Vandal dan Gepid yang, seperti orang Goth, awalnya hidup di luar Pegunungan Karpatia. Setidaknya satu penulis klasik, Procopius, menyatakan bahwa tiga kelompok manusia ini sama-sama menggunakan bahasa Goth. Bahasa ini dikenal oleh ahli modern sebagai sebuah bahasa Jermanik. Namun, para penulis klasik tidak menyebut mereka "Jermanik", tetapi mengkategorikan orang Goth sebagai orang Skitia dan Getae, mengaitkan mereka dengan leluhur mereka di daerah-daerah tempat mereka hidup, yang kebiasaannya dipercaya serupa. Ahli modern sepakat bahwa orang Goth abad ke-3 dapat dipandang sebagai suatu kelompok dominan di suatu daerah yang beranekaragam secara etnik, tidak dapat dibedakan dalam budaya material mereka dari tetangga mereka di sebelah utara Danube hilir dan Laut Hitam.

Di antara berbagai tipe bukti berbeda yang diakui paling relevan untuk melacak asal-usul Goth adalah nama mereka, bahasa tertulis mereka, bukti arkeologis terkait hubungan antar daerah, dan literatur etnografi Yunano-Romawi klasik. Germania karya Tacitus memainkan peranan penting karena ini menyebutkan orang Gutoni di Polandia. Catatan Romawi satu-satunya yang selamat terkait asal-usul orang Goth adalah Getica karya Yordanes, yang terus memberikan pengaruh kuat.

Sejak Perang Dunia Kedua, sebagian besar ahli, menyetujui bagian-bagian dari model "etnogenesis" diasosiasikan dengan sekolah Wina, cenderung menekankan bahwa nama, bahasa dan tradisi orang Goth abad ke-3 tidak harus mengimplikasikan sebuah migrasi berskala besar tunggal atau penyebab "biologis" apapun dari etnisitas. Beberapa sejarawan, seperti Peter Heather, sementara sebagian menerima argumen ini, namun demikian berpendapat bahwa pasti ada aliran gerakan signifikan dari Polandia menuju Ukraina dalam jangka waktu panjang.

Daftar pustaka

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Steinacher 2020, hlm. 414.
  2. ^ Kulikowski 2006.