Arwana asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Arwana
Osteoglossum bicirrhosum.JPG
Arwana silver, Osteoglossum bicirrhosum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Osteoglossiformes
Famili: Osteoglossidae
Bonaparte, 1832
Genera

Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:

Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004 [1]. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.

Arwana adalah ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae, juga dikenal sebagai bonytongues.[1] Arwana sebenarnya termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah.[2] Banyak nama yang melekat padanya, diantaranya ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.[3]

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

Ciri-ciri fisik ikan arwana

Secara morfologis (ciri-ciri fisik), badan dan kepala arwana agak padat.[4] Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip punggung.[4] Garis lateral atau gurat sisi yang terletak di samping kiri dan kanan tubuh arwana panjangnya antara 20–24 cm.[4] Bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah.[4] Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kukuh.[4] Giginya berjumlah 15-17.[4] Bagian insangnya dilengkapi dengan penutup insang.[4] Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal).[4] Sirip anusnya lebih panjang daripada sirip punggung (dorsal), hampir mencapai sirip perut (ventral).[4] Panjang arwana dewasa sangat variatif, antara 30–80 cm.[4] Bentuk badannya gepeng dan bersisik besar meliuk-liuk indah saat berenang di akuarium.[3] Ditambah tumbuhnya dua sungut di ujung bibir bawah membuat ikan ini mirip liong atau naga.[3] Karena itu, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat menyebutnya dengan kimliong atau ikan naga emas.[3] Layaknya naga, arwana juga dianggap sebagai simbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)Allen, G. R.; Midgley, S. H.; Allen, M. (2002). Field Guide to the Freshwater Fishes of Australia. Perth: Western Australia Museum. pp. 56–58. ISBN 0-7307-5486-3. 
  2. ^ http://www.google.com/url?
  3. ^ a b c d e Emiliana, 2003. Arwna si Ikan Naga. Agromedia pustaka. Jakarta
  4. ^ a b c d e f g h i j Susanto, Heru. Arwana. Penebar Swadaya. Jakarta, 2001.