Lompat ke isi

Arvid Harnack

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arvid Harnack

Arvid Harnack (Jerman: [ˈaʁ.vɪt ˈhaʁ.nak] ; 24 Mei 1901 – 22 Desember 1942) adalah seorang intelijen Jerman. Lahir sebagai putra seorang profesor sejarah, Harnack belajar di universitas Jerman, Inggris, dan AS. Ia memperoleh gelar doktor dalam bidang hukum dan filsafat.

Sebagai penganut cita-cita komunis, Harnack mulai aktif bekerjasama dengan intelijen Soviet pada tahun 1935 dengan nama kode 'Korsikanets' (“Korsika”). Kariernya yang cemerlang di Kementerian Ekonomi Reich memungkinkannya untuk secara teratur memasok Moskow dengan informasi tentang hubungan perdagangan Jerman dengan negara-negara Eropa dan Asia dan juga pendanaan jaringan agen asing Nazi.

Selain itu, Harnack mengirimkan informasi kepada penangannya tentang persiapan Jerman untuk perang melawan Uni Soviet dan rencana mereka untuk eksploitasi ekonomi di sebagian besar wilayah Soviet. Dalam hal ini, Harnack secara aktif dibantu oleh anggota kelompok yang ia kumpulkan di sekitarnya, termasuk orang-orang yang bekerja di perusahaan Jerman terbesar dan administrasi ekonomi di angkatan bersenjata Jerman.

Grup Harnack dan Schulze-Boysen berkolaborasi erat satu sama lain dan mencatat sejarah dengan nama keseluruhan 'Orkestra Merah'. Itu adalah istilah yang digunakan Gestapo untuk semua organisasi perlawanan klandestin di Eropa yang aktivitasnya berorientasi pada Uni Soviet. Kala kelompoknya terungkap, Harnack digantung di Penjara Plötzensee pada 22 Desember 1942. Istri Harnack, Mildred Harnack, dihukum penggal pada 16 Februari 1943. Hitler secara pribadi mengganti hukuman penjara enam tahunnya dengan hukuman mati.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]