Arus Labrador

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Arus Labrador ialah arus dingin di Samudra Atlantik utara yang mengalir dari Samudra Arktik ke selatan sepanjang pesisir Labrador dan melewati Newfoundland, terus ke selatan sepanjang pesisir timur Nova Scotia. Merupakan kelanjutan Arus Greenland Barat dan Arus Pulau Baffin.

Arus ini bertemu dengan Arus Teluk yang hangat di Grand Banks yang ada di tenggara Newfoundland dan kembali di utara Outer Banks, North Carolina. Gabungan kedua arus itu menciptakan kabut tebal dan juga menciptakan salah satu ladang ikan terkaya di dunia.

Di musim semi dan awal musim panas, arus ini mengangkut gunung es dari gletser di Greenland ke selatan ke jalur pelayaran trans-Atlantik.

Air dari arus Labrador memiliki efek mendinginkan di provinsi Kanada yang berbatasan dengan Samudra Atlantik dan pesisir Inggris Baru, namun jarang memiliki efek signifikan terhadap perairan di selatan Tanjung Kod. Ini dapat terlehat jelas dalam fakta bahwa batas utara perkembangan pohon bisa mencapai 15 derajat ke selatan daripada di Siberia, Eropa atau Kanada Barat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]