Arungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Arungan Rawney yang terletak di salah satu anak Sungai Lyne di Cumbria, Inggris

Arungan[1] (bahasa Inggris: ford) adalah tempat dangkal di sungai yang dapat dilintasi dengan berjalan kaki atau bahkan menggunakan kendaraan.[2] Arungan bisa muncul secara alami atau dibangun oleh manusia. Arungan merupakan sarana untuk melintasi sungai yang lebih murah daripada jembatan, tetapi arungan tidak dapat dilintasi ketika hujan deras atau pada saat permukaan air sungai meninggi. Maka dari itu, arungan biasanya hanya cocok untuk jalan yang sangat kecil (seperti untuk pejalan kaki atau penunggang kuda).

Dalam sejarah, arungan seringkali menjadi tempat yang strategis untuk melintasi sungai, sehingga banyak pertempuran yang terjadi di kawasan arungan, seperti Pertempuran Arungan Xiaoyao antara pasukan Cao Cao melawan Sun Quan pada tahun 215-217 atau Pertempuran Rorke's Drift yang terjadi selama Perang Inggris-Zulu.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Terjemahan kata "ford" menjadi "arungan". Sumber: A comprehensive Indonesian-English Dictionary karya Alan M. Stevens, hlm. 56
  2. ^ Thompson, Della, ed. (1995). The Concise Oxford Dictionary of Current English (edisi ke-Ninth). Oxford. ISBN 978-0-19-861320-6.