Artahsasta III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Artaxsaca III)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artahsasta III
Artaxerxes III of Persia.jpg
Ukiran batu Artahsasta III di Parsa
Raja Diraja Iran
Berkuasa358–338 SM
PenobatanPasargadae, Februari atau Maret 358 SM[1]
PendahuluArtahsasta II
PenerusArtahsasta IV
Firaun Mesir
Berkuasa343–338 SM
PendahuluNectanebo II
PenerusArtahsasta IV
WafatAgustus/September 338 SM[1](87 tahun)
Pemakaman
WangsaAkhemeniyah
AyahArtahsasta II
IbuStateira
AnakArtahsasta IV
Parysatis
AgamaZoroastrianisme

Ochus (Yunani: Ὦχος, Ôchos; Babilonia: Ú-ma-kuš) (skt. 425 SM – 338 SM)[2], dikenal dengan nama takhta Artahsasta III, adalah Raja Diraja (Kaisar) Iran dari Dinasti Akhemeniyah, berkuasa pada 358–338 SM. Dia juga berkuasa sebagai Firaun Mesir pada 343–338 SM. Dia mewarisi takhta sepeninggal ayahnya, Artahsasta II. Setelahnya, takhta diwariskan pada putranya, Artahsasta IV. Masa kekuasaannya bertepatan dengan masa Filipus II di Makedonia dan Nectanebo II di Mesir.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sebelum naik takhta, Artahsasta III adalah satrap dan komandan tentara ayahnya. Artahsasta III mulai berkuasa setelah salah satu saudaranya dieksekusi, yang lain bunuh diri, yang terakhir dibunuh, dan ayahnya meninggal. Segera setelah naik takhta, Artahsasta III membunuh semua keluarga kekaisaran untuk mengamankan kedudukannya sebagai raja diraja.

Mesir[sunting | sunting sumber]

Dia memulai dua kampanye besar melawan Mesir. Kampanye pertama gagal, dan diikuti oleh pemberontakan di seluruh bagian barat kekaisarannya. Pada tahun 343 SM, Artahsasta III mengalahkan Firaun Nectanebo II dan kembali menundukkan Mesir di bawah kekuasaan Iran.

Setelah penaklukan Mesir, Artahsasta menghancurkan tembok kota, memulai pemerintahan teror, dan menjarahi semua kuil. Pihak Iran memperoleh sejumlah besar kekayaan dari penjarahan ini. Artahsasta juga menaikkan pajak yang tinggi dan berusaha untuk melemahkan Mesir sehingga tidak dapat memberontak lagi. Selama sepuluh tahun masa kekuasaan Iran atas Mesir, penganut agama asli dianiaya dan kitab-kitab suci dijarah.[3]

Yunani[sunting | sunting sumber]

Pada masa Artahsasta III, kekuasaan Raja Makedonia Filipus II meningkat di Yunani. Demi membendung pengaruh Makedonia, Artahsasta memberi bantuan kepada beberapa penguasa Yunani. Pada 340 SM, Artahsasta mengirim pasukan untuk membantu Kersobleptes, Pangeran Trakia, untuk mempertahankan kedaulatannya. Bantuan militer pada kota Perinthos menjadikan Filipus menghentikan pengepungannya atas kota tersebut.[4] Pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Artahsasta, Filipus II sudah memiliki rencana untuk menyerang Iran, tetapi dia tidak mampu menyatukan bangsa Yunani di bawah kepemimpinannya.[5]

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Ada bukti untuk pembaruan kebijakan pembangunan di Parsa, tetapi beberapa bangunan belum selesai pada saat kematiannya. Dua bangunannya di Parsa adalah Aula Tiga Puluh Dua Tiang, yang tujuannya tidak diketahui, dan istana Artahsasta III. Jalan tentara dan gerbang yang belum selesai pembangunannya, menghubungkan Gerbang Semua Bangsa dan Balai Seratus Kolom, memberi para arkeolog wawasan tentang pembangunan Parsa.[6] Istana Nebukadnezar II di Babilonia diperluas pada masa pemerintahan Artahsasta III.[7]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Menurut sebuah sumber Yunani, Diodoros Sikolos, Bagoas meracuni Artahsasta III. Namun sebuah tablet runcing (sekarang di British Museum) menunjukkan bahwa Artahsasta III meninggal karena sebab-sebab alami.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lendering, Jona. "Artaxerxes III Ochus". Livius.Org. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 22, 2008. Diakses tanggal March 1, 2008. 
  2. ^ Ghias Abadi, R. M. (2004). Achaemenid Inscriptions (کتیبه‌های هخامنشی)‎ (dalam bahasa Persian) (edisi ke-2nd). Tehran: Shiraz Navid Publications. hlm. 144. ISBN 964-358-015-6. 
  3. ^ "Persian Period II". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 17, 2008. Diakses tanggal March 6, 2008. 
  4. ^ "Artahsasta III Ochus (358 sampai 338 SM)". Diakses tanggal Maret 2, 2008. 
  5. ^ "Philip of Macedon Philip II of Macedon Biography". Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 14, 2008. Diakses tanggal Maret 7, 2008. 
  6. ^ Artaxerxes III PersianEmpire.info History of the Persian Empire
  7. ^ Wigoder, Geoffrey (2006). The Illustrated Dictionary & Concordance of the Bible. Sterling Publishing Company. hlm. 131. ISBN 1-4027-2820-4. 
  8. ^ Lendering, Jona. "Artaxerxes IV Arses". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 13, 2008. Diakses tanggal June 8, 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Artahsasta III
Lahir: skt. 425 SM Wafat: 338 SM
Didahului oleh:
Artahsasta II
Raja Diraja Iran
358–338 SM
Diteruskan oleh:
Artahsasta IV
Didahului oleh:
Nectanebo II
Firaun Mesir
Dinasti XXXI
343 SM – 338 SM