Lompat ke isi

Aritmometer Odhner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sebuah mesin Odhner di Saint Petersburg sebelum tahun 1900
Brunsviga
Thales

Odhner Aritmometer adalah kalkulator mekanis yang dibuat di Rusia pada 1873 oleh W. T. Odhner, seorang imigran asal Swedia. Produksi mesin ini dimulai pada tahun 1890 di bengkel milik Odhner.[1] Walau terkenal, mesin ini hanya diproduksi selama 30 tahun sebelum pabrik tempat pembuatannya ditutup selama Revolusi Rusia pada 1917.

Dari tahun 1892 sampai pertengahan abad 20, banyak perusahan yang meniru kalkulator Odhner ini. Dengan jutaan penjualan,[1] kalkulator ini menjadi kalkulator mekanis paling sukses yang pernah dibuat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Odhner membayangkan mesin ini pada tahun 1871 saat memperbaiki Aritmometer Thomas (yang merupakan satu-satunya kalkulator mekanis yang diproduksi pada saat itu) dan memutuskan untuk mengganti Silinder Leibniz yang berat dan besar dengan cakram kincir yang lebih ringan dan lebih kecil. Inilah alasan mengapa kedua mesin tersebut memiliki nama yang sama tetapi memliki bentuk yang sangat berbeda.

Odhner mengembangkan versi pertama kalkulator mekaniknya pada tahun 1873. Kemudian pada tahun 1876, Odhner setuju untuk membuat 14 mesin untuk Ludvig Nobel, perusahaan tempat dia bekerja saat itu. Odhner mematenkan kalkulator tersebut di beberapa negara pada tahun 1878–1879 dan versi revisi pada tahun 1890. Produksi masal dimulai pada tahun 1890.

Pada tahun 1891, Odhner membuka pabrik cabang di Jerman. Sayangnya, dia harus menjualnya pada tahun 1892 ke Grimme, Natalis & Co. karena sulitnya memiliki dua pabrik yang berjauhan. Grimme, Natalis & Co. memulai produksi di Braunschweig dan menjual mesin tersebut dengan merek Brunsviga[1] (Brunsviga adalah nama latin kota Braunschweig).

Setelah kematian Odhner pada tahun 1905, anak-anaknya Alexander dan Georg serta menantunya Karl Siewert melanjutkan produksi kalkulator ini. Sekitar 23.000 kalkulator dibuat hingga pabrik tersebut terpaksa ditutup pada tahun 1918. Aritmometer Brunsviga merupakan varian kalkulator Odhner yang bertahan paling lama yang diproduksi.

Kalkulator Mekanik yang diproduksi selama abad ke-19

Kelanjutan[sunting | sunting sumber]

Original-Odhner, dikeluarkan pada Agustus 1918
Aritmometer Original-Odhner, Tipe 5, dibuat si Swedia

Menjelang akhir tahun 1917, keluarga Odhner kembali ke Swedia dan membuat kembali kalkulator tersebut dengan nama Original-Odhner. Pada tahun 1924, pemerintah Rusia memindahkan fasilitas produksi lama ke Moskow dan mengkomersialkan kalkulator tersebut dengan nama Felix Arithmometer hingga tahun 1970-an.

Pada tahun 1950, dengan jutaan klon diproduksi, aritmometer Odhner adalah salah satu jenis kalkulator mekanik paling populer yang pernah dibuat. Jumlah mesin yang diproduksi terus meningkat hingga munculnya kalkulator elektronik di awal tahun 1970-an. Felix arithmometer Rusia, misalnya, mencapai puncak produksi pada tahun 1969 dengan 300.000 mesin dibuat.[1]

Aritmometer Odhner digandakan, diproduksi, dan dijual oleh banyak perusahaan di seluruh dunia. Di Jerman sendiri, kalkulator ini dinamai Thales, Triumphator, Walther, dan Brunsviga. Di Inggris dinamai Britannic dan Muldivo. Di Swedia dinamai Multo dan Original-Odhner. Di Rusia dinamai Felix dan di Jepang dinamai Tiger dan Busicom yang terkenal karena Intel menciptakan mikroprosesor pertama, Intel 4004, saat merancang salah satu kalkulator elektronik mereka pada tahun 1970.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Trogemann G., Nitussov A.: Computing in Russia, halaman 39-45, GWV-Vieweg, 2001, ISBN 3-528-05757-2 Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "Trogemann" didefinisikan berulang dengan isi berbeda