Are You Lonesome Tonight? (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Are You Lonesome Tonight?"
Singel oleh Charles Hart
Sisi-B"Sweet Marie"
Dirilis1927
FormatSingel 10" (431-H)
Direkam9 Mei 1927
GenrePop tradisional
Durasi3:10
LabelHarmony Records
PenciptaLou Handman, Roy Turk

"Are You Lonesome Tonight?" adalah sebuah lagu yang ditulis oleh Roy Turk dan Lou Handman pada 1926. Lagu tersebut direkam beberapa kali pada 1927—mula-mula oleh Charles Hart, dengan versi-versi lanjutan dari Vaughn De Leath, Henry Burr, dan duet Jerry Macy dan John Ryan. Pada 1950, versi Orkestra Blue Barron mencapai dua puluh besar pada tangga lagu Singel Pop Billboard.

Pada April 1960, setelah Elvis Presley bertugas selama dua tahun dalam United States Army, ia merekam lagu tersebut atas dorongan dari manajer Colonel Tom Parker; "Are You Lonesome Tonight?" adalah lagu kesukaan istri Parker, Marie Mott. Perilisannya ditundah oleh para eksekutif RCA Victor, yang memandang lagu tersebut tidak sejalan dengan gaya baru (dan terpublikasi) dari Presley. Saat "Are You Lonesome Tonight?" dirilis pada November 1960, lagu tersebut meraih kesuksesan di AS, memuncaki tangga lagu Singel Pop Billboard dan mencapai peringkat ketiga pada tangga lagu R&B. Sebulan setelah perilisan lagu tersebut, lagu tersebut memuncaki UK Singles Chart. Versi Presley disertifikasi emas oleh Recording Industry Association of America pada 1961 dan diperbaharui menjadi platinum ganda pada 1992.

"Are You Lonesome Tonight?" kemudian direkam oleh beberapa artis lainnya, dengan versi-versi karya Donny Osmond dan Merle Haggard menjadi hit dua puluh besar masing-masing di tangga lagu pop dan country. Billboard memberikan peringkat 81 kepada "Are You Lonesome Tonight?" dalam daftar "Hot 100 All-Time Top Songs" pada 2008.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber