Ardath (rokok)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ardath
Jenis produkRokok putih
PemilikBentoel Group
ProdusenBentoel Group
NegaraInggris Raya
Diluncurkan1891; 132 tahun lalu (1891)
PasarIndonesia
Pemilik sebelumnyaBritish American Tobacco Indonesia
Ardath Tobacco Limited
Jargon"Kenikmatan Sukses" (1990-2000)
"Cita Rasa Sejati" (2001-2002)
"Kita Mau Kita Bisa" (2003-2006)"Kendali Penuh" (2011-Sekarang)

Ardath merupakan merek rokok yang diproduksi oleh British American Tobacco Indonesia di bawah arahan "Ardath Tobacco Co,.Ltd, London yang juga memproduksi merek State Express 555.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Merk Ardath, sempat dipasarkan juga di Inggris, tetapi saat ini, Ardath hanya dipasarkan khusus di Indonesia saja. British American Tobacco, sebagai pemilik produk ini memasarkan nya dari tahun 1979an, bersama Benson & Hedges, Commodore Filter, Kansas, Dunhill, Lucky Strike, Pall Mall, dan State Express 555.

Sebuah Poster menunjukan pabrik dan aktivas di tahun 1914

Merk ini dimiliki oleh Ardath Tobacco Company yang berpusat di London, England dengan julukan Albert Levy & Thomas.[1]

Rokok ini sempat mencuri perhatian, dengan tingginya animo masyarakat akan produk Ardath ini. Dengan slogannya Kenikmatan Sukses, produk ini menyasar pada kalangan dewasa muda yang aktif dalam segala hal. Produk ardath ini sempat mengeluarkan beberapa varian dan kemasan yang berbeda. Ardath dijual dalam kemasan yang vintage dan mewah isi 20 batang.

Lalu, di tahun 2002, perusahaan meluncurkan Ardath Java-American produk lights yang dibuat berkesan mild. Diproduksi oleh PT Java Tobacco, Malang. Dan meluncurkan kemasan baru, untuk rokok Ardath Specials dan Ardath Lights Blue.

Namun, perlahan produk ini sempat tenggelam pada tahun 2004an. Setelah Bentoel Group diakuisisi oleh British American Tobacco, produk ini diproduksi kembali dengan kemasan full merah dan dihadirkan kembali di tahun 2018 dan 2019 dengan kembali kekemasan awal Ardath Specials dan penawaran terbatas. Namun, Ardath Specials dihadirkan lebih special, yakni tanpa Filter, pada umumnya rokok putih. Bernama Ardath Specials Unfiltered, rokok putih tangan yang lebih murah dan terjangkau. Varian ini dihadirkan juga oleh lawannya, Marlboro Crafted Origin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Article on The History of STATE EXPRESS 555 and Ardath, written for TMOA centenary 1986