Arcturus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arcturus
Bootes constellation map.png
Posisi Arcturus di rasi Boötes.
Data pengamatan
Epos J2000
Rasi bintang Boötes
Asensio rekta 14h 15m 39.7s
Deklinasi +19° 10' 56"
Magnitudo tampak (V) −0.04
Ciri-ciri
Kelas spektrum K1.5 IIIpe
Indeks warna U-B 1.22
Indeks warna B-V 1.24
Jenis variabel Suspected
Astrometri
Kecepatan radial (Rv) −5.2 km/s
Gerak diri (μ) RA: −1093.45 mas/thn
Dek.: −1999.40 mas/thn
Paralaks (π) 88.78 ± 0.68 mas
Jarak 36,7 ± 0,3 tc
(11,26 ± 0,09 pc)
Magnitudo mutlak (MV) −0.38
Detail
Massa 1–1.5 M
Radius 15.9 R
Luminositas 110 L
Suhu 4,300 K
Metalisitas 20–50% Matahari
Usia > 4.6 × 109 tahun
Penamaan lain
Alramech, Abramech, α Boötis, 16 Boötes, HD 124897, HR 5340, BD+19°2777, GCTP 3242.00, GJ 541, LHS 48, and HIP 69673
Referensi database
SIMBAD data

Arcturus atau bintang Biduk (α Boo / α Boötis / Alpha Boötis) (IPA: [aɹkˈtjuɹəs]) adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam, dengan magnitudo tampak −0.05, setelah Sirius dan Canopus. Tetapi jika sistem bintang Alpha Centauri dianggap sebagai satu obyek, maka predikat tersebut harus diberikan kepada Alpha Centauri. Sistem bintang Alpha Centauri terdiri dari dua bintang terang yang sangat berdekatan sehingga tidak dapat dipisahkan oleh mata, dan dengan demikian akan nampak lebih terang dibandingkan Arcturus. Arcturus juga merupakan bintang paling terang di belahan langit utara.

Penampakan[sunting | sunting sumber]

Mengingat letaknya yang tidak terlalu jauh dari ekuator langit, Arcturus hampir dapat dilihat oleh semua orang di permukaan Bumi, kecuali bagi mereka yang tinggal di atas lintang 70,818° selatan. Penampakan terbaiknya adalah sekitar bulan April, di saat bintang ini mencapai meridian pada tengah malam.

Sistem[sunting | sunting sumber]

Arcturus adalah sebuah bintang raksasa merah dengan kelas spektrum K1,5 IIIpe. Akhiran "pe" adalah kepanjangan dari "peculiar emission" (emisi yang aneh), mengindikasikan bahwa spektrum cahayanya tidak biasa dan penuh dengan garis-garis emisi. Adanya garis-garis emisi pada spektrum raksasa merah sebenarnya adalah hal yang biasa, namun pada kasus Arcturus fenomena tersebut tampak lebih kuat.

Secara visual Arcturus setidaknya 110 kali lebih terang daripada Matahari, namun sebenarnya energi yang dipancarkannya 180 kali lebih banyak. Hal ini disebabkan efikasi terangnya yang rendah karena temperatur permukaannya yang lebih rendah daripada Matahari.

Arcturus terkenal akan gerak dirinya yang besar, lebih besar dari semua bintang bermagnitudo 1 selain α Centauri. Saat ini Arcturus hampir [1] berada dalam titik terdekat dengan Matahari, dan bergerak sangat cepat (122 km/detik) relatif terhadap Tata Surya. Arcturus adalah bintang tua di piringan Bima Sakti, dan nampak bergerak bersama dalam sebuah kelompok 52 bintang sejenis. Massanya sulit untuk diperkirakan, tetapi mungkin sama dengan massa matahari, tetapi tidak lebih dari 1,5 kalinya. Dengan massa tersebut Arcturus berarti lebih tua daripada Matahari, dan menggambarkan rupa Matahari saat mencapai fase raksasa merah.

Berdasarkan pengukuran Satelit Hipparcos, Arcturus berjarak 43,9 tahun cahaya (11,3 parsec) dari Bumi, jarak yang relatif dekat dalam skala astronomi. Hipparcos juga menyarankan Arcturus sebagai sebuah sistem bintang ganda, dengan komponen sekunder 20 kali lebih redup dan mengorbit cukup dekat sehingga berada dalam batas kemampuan kita untuk mendeteksinya. Hasil penelitian terkini masih kurang meyakinkan, namun mendukung deteksi marginal dari Hipparcos.[2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Arcturus berasal dari bahasa Yunani kuno Αρκτοῦρος (Arktouros), berarti "penjaga beruang". Nama ini merepresentasikan kecemerlangan bintang ini di rasi Boötes (berada di kaki kiri sang penggembala) dimana sang penggembala berada di depan sang Beruang Besar dan sang Beruang Kecil (rasi Ursa Major dan Ursa Minor).

Di daerah Arab, bintang ini merupakan salah satu bintang yang disebuk al-simāk "yang ditinggikan", di samping Spica. Arcturus, kemudian disebut السماك الرامح as-simāk ar-rāmiħ "salah satu pelempar lembing yang ditinggikan". kemudian diromanisasi menjadi Aramec dan Azimech. Nama Arab lainnya adalah Haris-el-sema, from حارس السماء ħāris al-samā’ "penjaga langit."

Nama lain yang diberikan oleh para astronom untuk bintang ini adalah :

nama lain asal bahasa arti
大角 / Ta Kio, Da Jiao China / Mandarin (satu bintang di rasi) Tanduk Besar[3][1]
大角星 /Da Jiao xīng China bintang tanduk besar[4]
梅雨星 /Méiyǔxīng China bintang musim hujan[4]
棟星 /Dòngxīng China bintang timur[4]
天王座 /Tiānwángzuò China singgasana raja langit[4]
Maiboshi Jepang bintang gandum
Hōkūleʻa Polynesia bintang keceriaan
Papsukal[5] Kaldea penyampai pesan dan penjaga
Ruawahia Maori[6]
Ostàn Chakavia[7] nama Chakavia untuk bintang ini[8]
Aremoi[9] Polinesia nama Polinesia untuk Arcturus
Uttuqalualuk[10] Inuit sang lelaki tua dalam legenda Inuit Iliarjugaarjuk
Sivulliq[10] Inuit yang di depan
Al Simak Lanceator Latin pelempar lembing yang paling tinggi[11]
Quae est inter crura et vocatur Arcturos subrufa (Almagest) Latin yang di antara dua kaki dan disebut "Arcturus" yang merah[12]

Selain rasi Boötes, bintang ini juga merupakan anggota dari berbagai rasi atau asterisma berikut :

nama rasi / asterisma asal arti anggota lainnya
Svati, Swaati (स्वाति) Hindu pedang, kemerdekaan tidak ada
大角 / Ta Kio, Da Jiao China / Mandarin Tanduk Besar tidak ada
Sib-zi-anna[5] Eufrat penjaga langit[13] η Boo
Diamond of Virgo intan di Virgo α Vir, β Leo, α CVn
Kite[14] layang-layang ε1 Boo, δ Boo, β Boo, γ Boo, ρ Boo
Sivulliik Inuit yang di depan η Boo[10]
Sky Dragon[15] naga di langit α Aql, α Aur, α CMa, α CMi, α Cyg, β Gem, α Gem, α Leo, α Lyr, β Or, α Or, α PsA, α Sco, α Tau, α Vir

Referensi[sunting | sunting sumber]