Arah (geometri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bentuk setiap panel tanda jalan ini, dan garis terpatah di ujung-ujungnya yang membentuk lambang panah, untuk menunjukkan arah.

Arah (bahasa Inggris: direction) dalam geometri adalah informasi yang terkandung dalam posisi relatif satu titik terhadap titik lain tanpa informasi jarak. Arah dapat berupa informasi "relatif" atau "absolut".

  • "relatif" terhadap suatu rujukan, misalnya para pemain biola dalam suatu orkestra biasanya duduk di sebelah kiri dirigen)
  • "absolut" menurut suatu rangka rujukan yang telah disetujui sebelummnya, misalnya (kota New York terletak di sebelah barat kota Madrid).

Arah sering diindikasikan secara manual dengan mengedangkan jari telunjuk atau ditulis dengan sebuah tanda panah. Pada tanda jalan yang berorientasi vertikal untuk melambangkan plan horizontal, misalnya tanda jalan, arah "depan" biasanya diindikasikan dengan panah ke atas.

Secara matematika arah dapat dispesifikasi secara unik dengan suatu vektor satuan, atau secara ekuivalen oleh sudut yang dibentuk oleh jalur yang paling langsung terhadap suatu aksis tertentu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]