Arachnoid mater

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arachnoid mater
Image showing arachnoid mater and the underlying subarachnoid space
Image showing parts of the arachnoid mater, including arachnoid granulations.
Rincian
Bagian dariMeninges
Pengidentifikasi
Bahasa Latinarachnoidea mater
Daftar istilah neuroanatomi

Mater arachnoid (atau arachnoid mater) adalah salah satu dari tiga meninges, selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Dinamakan demikian karena kemiripannya dengan jaring laba -laba. Materi arachnoid adalah turunan dari mesoectoderm puncak saraf dalam embrio.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Itu diselingi antara dua meninges lainnya, dura mater yang lebih dangkal dan lebih tebal dan pia mater yang lebih dalam, yang dipisahkan oleh ruang subarachnoid. Lapisan arakhnoid yang halus tidak melekat pada bagian dalam dura tapi melawannya dan mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Itu tidak melapisi otak ke dalam sulkusnya (lipatan), seperti halnya pia mater, kecuali fisura longitudinal, yang membagi belahan otak kiri dan kanan. Cairan serebrospinal (CSF) mengalir di bawah arachnoid di ruang subarachnoid, di dalam jalinan trabekulayang membentang antara arachnoid dan pia. Arachnoid mater membuat vili arachnoid, tonjolan kecil melalui dura mater ke dalam sinus vena otak, yang memungkinkan CSF keluar dari ruang subarachnoid dan memasuki aliran darah.

Berbeda dengan dura mater, yang menerima pasokan vaskular yang kaya dari banyak arteri, mater arachnoid dan pia mater yang lebih dalam umumnya avaskular.

Arachnoid mater dan dura mater sangat berdekatan di sepanjang tengkorak dan kanal tulang belakang sampai ke S2, di mana dua lapisan menyatu menjadi satu dan berakhir di filum terminale , yang menempel pada ujung coccygeal dari kanal tulang belakang. Terjepit di antara dura mater dan arachnoid maters terdapat beberapa vena yang menghubungkan sistem vena otak dengan sistem vena di dura mater.

Lapisan arakhnoid yang menutupi otak disebut sebagai "arachnoidea encephali", dan bagian yang menutupi sumsum tulang belakang disebut "arachnoidea spinalis". Arachnoid dan piamater kadang-kadang dianggap sebagai struktur tunggal, leptomeninx, atau versi jamak, leptomeninges . ("Lepto"- dari akar bahasa Yunani yang berarti "kurus"). Demikian pula, dura dalam situasi ini disebut pachymeninx.

Ada dua subdivisi mater arachnoid yang mengelilingi ruang subarachnoid, lapisan dorsal dan lapisan ventral. Lapisan dorsal menutupi vena serebral internal dan menempelkannya ke tela choroidea di sekitarnya. Lapisan ventral membran arachnoid, di sisi lain, adalah perpanjangan anterior langsung dari selubung arachnoid ini yang membentuk lapisan dorsal di atas daerah pineal.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga: Cairan serebrospinal dan ruang subarachnoid CSF bersirkulasi di ruang subarachnoid (antara arachnoid dan piamater). Cairan serebrospinal diproduksi oleh pleksus koroid (di dalam ventrikel otak, yang berhubungan langsung dengan ruang subarachnoid sehingga CSF dapat mengalir bebas melalui sistem saraf). Cairan serebrospinal adalah cairan bening, tidak berwarna dan diproduksi sekitar 500 ml/hari. Kadar elektrolit, kadar glukosa, dan pH sangat mirip dengan plasma, tetapi keberadaan darah dalam cairan serebrospinal selalu abnormal.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Mater arachnoid dinamai dari kata Yunani arachne ("laba-laba"), akhiran -oid ("dalam gambar"), dan kata Latin mater ("ibu"), karena penampilan seperti jaring laba -laba yang halus. serat halus dari arachnoid (trabekula arachnoid) yang memanjang ke bawah melalui ruang subarachnoid dan melekat pada pia mater.

Referensi[sunting | sunting sumber]