Appsensi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Appsensi adalah aplikasi absensi daring berbasis seluler dengan model bisnis SaaS. Aplikasi ini diluncurkan dengan fitur-fitur utama meliputi pencatatan kehadiran, penjadwalan karyawan, payroll, manajemen lembur & shift, dan EWA (Earned Wages Access).

Keutamaan dari Appsensi berupa sistem pencatatan kehadiran tanpa tatap muka yang mana staff, karyawan dan anggota mengisi absen secara mandiri dari ponsel masing-masing dari posisi mana pun.

Appsensi dikembangkan sebagai epresensi dengan menghilangkan celah pada sistem absensi konvensional yang tidak efektif[1] seperti Id Card dan Sidik Jari. Dilengkapi teknologi Face Recognition dan GPS, data yang masuk ke database HRD dari pengisi absen dapat dikonfirmasi keabsahan dan validitasnya.

Sejarah Berdiri dan Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Appsensi didirikan oleh PT Appsensi Tiga Ribu pada tahun 2018 dengan misi memudahkan proses pengisian absen harian dengan akurasi tinggi. Latar belakang berdirinya adalah adanya celah pada sistem absensi konvensional yang memungkinkan terjadinya kecurangan dalam pengisian absen. Pendiri Appsensi melakukan inovasi dengan menggunakan sistem pengenalan wajah dan penanda lokasi sebagai validator.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Sejak berdiri, tercatat ada 3 kali peluncuran fitur di dalam aplikasi Appsensi, yakni:

  • Tahun 2018 Appsensi meluncurkan produk pertama yaitu aplikasi absensi online yang dilengkapi fitur Laporan Aktivitas, Pengajuan Klaim, Manajemen Lembur & Shifting, Penanda Lokasi, Face Recognition, dan Pengajuan Cuti.
  • Tahun 2019 Appsensi meluncurkan fitur Payroll Online di dalam aplikasi. Fitur ini berfungsi sebagai sistem payroll berbasis seluler yang lebih sederhana dengan tujuan agar pengguna dapat mengelola penggajian dari ponsel secara real-time.
  • Tahun 2021 Appsensi meluncurkan fitur EWA yang merupakan sistem 'tarik gaji' secara mandiri oleh karyawan dalam perusahaan. EWA atau Earned Wages Access adalah sebuah sistem penggajian yang memperbolehkan karyawan mengambil gaji sebelum tanggal penggajian berdasarkan perhitungan otomatis sesuai aturan perusahaan. Fitur ini diyakini dapat memperkuat ketahanan finansial karyawan[2].

Sistem Presensi Mobile[sunting | sunting sumber]

Sejak awal, Appsensi menyebut dirinya sebagai sistem presensi mobile dimana perangkat seluler digunakan sebagai fasilitas utama. Pengguna yang terhubung mengisi data kehadiran dari ponsel dan HRD dapat melakukan pengecekan keaslian data tersebut melalui GPS dan fitur Pengenal Wajah.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Terdapat 3 fitur utama Appsensi, yaitu:

  1. Mobile Attendance yang merupakan sistem Absensi Online yang dirancang khusus untuk merekam, menyimpan, dan sekaligus mengelola data kehadiran karyawan baik yang berada di kantor ataupun di luar kantor[3].
  2. Payroll yang merupakan sistem penggajian yang terintegrasi dengan fitur absensi sehingga menghasilkan skema perhitungan otomatis yang dapat dijalankan oleh HRD dari mana pun.
  3. EWA yang merupakan sistem manajemen gaji mandiri bagi karyawan.

Logo Appsensi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Appsensi App Store (dalam bahasa Inggris). Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  2. https://inet.detik.com/mobile-apps/d-6114430/sistem-gaji-lebih-akurat--fleksibel-pakai-payroll-online-appsensi. Media Online. Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  3. https://www.beritasatu.com/archive/846161/aplikasi-appsensi-solusi-pencatatan-kehadiran-karyawan-selama-pandemi. Media Online. Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  4. https://investor.id/business/274646/appsensi-dorong-kinerja-hrd-melalui-aplikasi-payroll. Media Online. Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  5. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/395747/epresensi-menghilangkan-sistem-absensi-konvensional-yang-tidak-efektif. Media Online. Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  6. https://www.medianasional.id/pemkab-raja-ampat-launching-penerapan-aplikasi-apsensi-dan-e-kinerja/. Media Online. Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  7. https://kabarbisnis.com/read/28111514/perkuat-ketahanan-finansial-karyawan-dengan-sistem-ewa. Media Online. Diakses Tanggal 28 Agustus 2022.
  8. https://wartaekonomi.co.id/read435402/manfaat-penggunaan-aplikasi-hr-bagi-perusahaan. Media Online. Diakses Tanggal 29 Agustus 2022.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mayasari, Deasy. "E-Presensi Menghilangkan Sistem Absensi Konvensional yang Tidak Efektif | TIMES Indonesia". www.timesindonesia.co.id. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  2. ^ kabarbisnis.com. "Perkuat ketahanan finansial karyawan dengan sistem EWA | Umum". kabarbisnis.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-29. 
  3. ^ "Aplikasi Mobile Attendance Online | Appsensi | Indonesia". Appsensi : Sistem Aplikasi HR, Software Payroll & Tarik Gaji. Diakses tanggal 2022-08-29.