Apollodorus si Sisilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Apollodorus (bahasa Yunani: Ἀπολλόδωρος) merupakan seorang pengikut setia Ratu Mesir Kleopatra VII. Ditahun 48 SM ia seharusnya telah memungkinkan Kleopatra untuk masuk ke istana Alexandria ke Julius Caesar dan dengan cara ini untuk mempertegas posisinya di dalam perebutan kekuasaan dengan kakandanya Ptolemaios XIII.

Ketika Caesar datang ke Alexandria pada musim panas 48 SM ia memanggil kakak beradik Ptolemaios untuk tunduk pada keputusannya. Ptolemaios XIII yang saat ini bersama dengan pasukannya diperbatasan Mesir didekat Pelusium yang berlawanan pasukan Kleopatra. Ia yang pertama-tama pergi ke Caesar.

Cleopatra pertama-tama mengirimkan beberapa perunding untuk menjelaskan sudut pandangnya, namun menurut sejarawan Cassius Dio, ia segera yakin bahwa jika ia datang secara pribadi dapat lebih mudah memenangkan penguasa Romawi atas pesona dan kecantikannya. Caesar menjanjikannya sebuah percakapan rahasia.[1]

Rupanya Ptolemaios XIII mencoba untuk memblokir adiknya akses ke Alexandria. Plutarkhos memberikan penjelasan tentang perjalanan petualangannya ke ibukota Mesir. Menurut catatan ini ia memilih dari rombongannya hanya satu pengikut yaitu Apollodorus si Sisilia,[2] dan melakukan perjalanan bersamanya ke Alexandria. Seorang penyair Romawi yang bernama Lucan mengklaim bahwa Kleopatra tiba didekat kota dan menyuap seorang penjaga untuk menyingkirkan rantai defensif dipelabuhan Pharos[3] Dalam setiap kasus ia masuk kepelabuhan Alexandria melalui laut, karena kedua Plutarch dan Lucan mengatakan bahwa ia mendarat teramati dengan barquenya didekat istana kerajaan.[4] Menurut Plutarch ini terjadi pada senja hari, dan biografer Yunani menambahkan bahwa Kleopatra berpikir bahwa satu-satunya kesempatan ia dapatkan untuk pergi ke Caesar adalah untuk meregangkan dirinya di dalam karung atau karpet dan Apollodorus mengikatnya dengan tali dan membawanya melewati para penjaga kedalam istana. Ratu Mesir diduga berhasil bertemu dengan Jenderal Romawi dengan cara tersebut.[5] Kredibilitas episode ini dibantah dikalangan ulama. Namun dapat dipastikan bahwa Kleopatra mendapat dukungan Caesar oleh penampilan pribadinya.

Tidak ada lagi yang diketahui tentang Apollodorus.

Peran Apollodorus dimainkan oleh Cesare Danova di dalam epik tahun 1963, Kleopatra. Didalam film tahun 1945 Caesar dan Kleopatra, berdasarkan permainan oleh George Bernard Shaw, dimainkan oleh Stewart Granger, dan digambarkan sebagai orang yang jatuh cinta dengan Kleopatra. Peran tersebut dimainkan pertama kalinya ditelevisi yang diadaptasi dari permainan oleh Farley Granger (tidak ada hubungannya), dan di TV untuk kedua kalinya adaptasi oleh Clive Francis.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cassius Dio, Roman History 42.34.3-6
  2. ^ Plutarch, Caesar 49.1
  3. ^ Lucan, Pharsalia 10.56-57 (Livy is probably the source of Lucan).
  4. ^ Plutarch, Caesar 49.1; Lucan, Pharsalia 10.57-58
  5. ^ Plutarch, Caesar 49.2-3; compare Cassius Dio, Roman History 42.34.6–35.1

Referensi[sunting | sunting sumber]