Apogee motor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Waxwing rocket motor science museum 2012.JPG

Apogee kick motor (AKM) mengacu pada sebuah motor roket yang secara teratur digunakan pada satelit buatan ditujukan untuk orbit geostasioner. Seperti sebagian besar peluncuran satelit geostasioner dilakukan dari spaceports pada jarak yang signifikan jauh dari ekuator bumi, pembawa roket hanya akan mampu meluncurkan satelit ke orbit elips maksimum apogee 35.786 - kilometer dan dengan kecenderungan non - nol kurang lebih sama dengan lintang tempat peluncuran. Orbit ini umumnya dikenal sebagai "geostasioner orbit" atau "pemindahan orbit geosynchronous". Satelit kemudian harus memberikan dorongan untuk mendatangkan delta v yang dibutuhkan untuk mencapai orbit geostasioner. Hal ini biasanya dilakukan dengan onboard tendangan apogee bermotor tetap. Ketika satelit mencapai posisi apogee orbitnya itu, AKM tersebut dinyalakan, mengubah orbit elips ke orbit melingkar, sementara pada saat yang sama membawa kecenderungan untuk sekitar nol derajat, sehingga mencapai penyisipan ke dalam orbit geostasioner. Proses ini disebut "apogee tendangan".

Apogee tendangan motor sering menggunakan baik mesin bipropellant, dengan bahan bakar padat dan cair pengoksidasi, atau mesin monopropellant dengan kedua bahan bakar dan pengoksidasi dalam keadaan padat. Kurang sering adalah sistem propelan terbalik - hibrida dengan bahan bakar cair (injectant) dan pengoksidasi solid.

Jumlah bahan bakar yang dibawa on board satelit langsung mempengaruhi masa pakai baterai, oleh karena itu sangat penting untuk membuat manuver tendangan apogee seefisien mungkin. Massa sebagian besar satelit geostasioner pada awal kehidupan operasional dalam orbit geostasioner kira-kira setengah bahwa ketika terpisah dari kendaraan di orbit geostasioner mentransfer, dengan setengah lainnya yang telah dikeluarkan dalam manuver tendangan apogee.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Darling, David (2003). The Complete Book of Spaceflight. John Wiley & Sons Inc. pp. 22,159. ISBN 0-471-05649-9.