Antonia Minor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Antonia Minor
Antonia minor pushkin.jpg
Juno Ludovisi
(potret Antonia Minor)
Lahir31 Januari 36 SM
Athena, Yunani
WafatSeptember/Oktober 37 M (usia 72)
Roma
AyahMarkus Antonius
IbuOctavia Minor
PasanganNero Claudius Drusus
AnakGermanicus
Livilla
Claudius, Kaisar Roma

Antonia Minor (PIR2 A 885), juga disebut sebagai Julia Antonia Minor,[1] Antonia the Younger atau singkatnya Antonia (31 Januari 36 SM - 1 Mei 37 M) adalah anak bungsu dari dua bersaudari dari pasangan Markus Antonius dan Octavia Minor.[2] Ia adalah kemenakan dari Kaisar Augustus, saudari ipar dari Kaisar Tiberius, nenek pihak ayah dari Kaisar Caligula dan Permaisuri Agrippina the Younger, ibu dari Kaisar Claudius, dan nenek buyut pihak ibu sekaligus saudari kakek-nenek pihak ayah dari Kaisar Nero. Ia juga merupakan saudari kakek-nenek pihak ibu dari Permaisuri Valeria Messalina dan Faustus Cornelius Sulla Felix, nenek pihak ayah Claudia Antonia, Claudia Octavia, dan Britannicus dan nenek pihak ibu Julia Livia dan Tiberius Gemellus.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Minto, The Heliopolis Scrolls, p.159
  2. ^ Tacitus, Annales 4.44.2 and 12.64.2 menyamakan dua Antonia bersaudari (dimana yang lebih muda jauh lebih terkenal). Masalahnya bahkan lebih kompleks: Antonia tua lahir dari istri Antonius sebelumnya, yang menikahi Pythodorus dari Tralles, Dio 44.5.3, 46.38.52 App. BC 5.10.93. Putri tersebut sebenarnya adalah Antonia Mayor (the Elder), dan subyek dari artikel Antonia Tertia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber kuno[sunting | sunting sumber]

Sumber sekunder[sunting | sunting sumber]

  • E. Groag, A. Stein, L. Petersen - e.a. (edd.), Prosopographia Imperii Romani saeculi I, II et III, Berlin, 1933 - . (PIR2)
  • J. Minto, The Heliopolis Scrolls, ShieldCrest, 2009