Antoine Daniel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Antoine Daniel (27 Mei 1601 – 4 Juli 1648) adalah seorang adalah seorang misionaris Yesuit asal Prancis yang diutus ke Kanada. Ia lahir di Dieppe. Pada 1621, ia masuk seminari Serikat Yesus di Rouen, Normandy untuk mempalajari filsafat dan teologi. Pada tahun 1630, ia ditahbiskan menjadi imam.

Pada 1632, ia bersama Ambroise Davost diutus menjadi misionaris di Prancis Baru (Kanada). Keduanya tiba di pulau Cape Breton, Nova-Scotia dan tinggal disana untuk melayani koloni Perancis yang dibangun di pulau tersebut. Pada tahun 1634, Antoine dan Ambroise ditugaskan membantu Jean de Brébeuf yang tengah berkarya diantara suku Huron. Antoine kemudian mempelajari bahasa Wendat dan menerjemahkan Doa Bapa Kami, Salam Maria, Aku Percaya, dan doa-doa dasar lainnya. Antoine juga menterjemahkan banyak nyanyian liturgi ke dalam bahasa suku Huron.

Selama dua tahun, di tempat yang sekarang ini bernama Quebec, Antoine mendirikan dan memimpin Sekolah Dasar bagi anak-anak pribumi Indian. Namun ia dikirim kembali ke Huronia pada tahun 1638 untuk membantu de Brébeuf di wilayah misi yang baru. Kemajuan suku Huron dibawah bimbingan para misionaris mendatangkan iri hati dari Suku Iroqouis (Mohawk).

Mereka menganggap para missionaris kulit putih adalah para tukang sihir yang berkerja bagi suku Huron dan mendatangkan kutukan wabah penyakit bagi mereka. Iroqouis lalu menyatakan perang kepada suku Huron yang menampung para “tukang sihir kulit putih”.

Para anggota suku Iroquois menyerang kompleks misionaris secara mendadak, saat sebagian besar prajurit suku Huron sedang berada jauh di pasar Quebec. Dalam keadaan genting, Antoine bergegas menuju Kapela tempat para orangtua, wanita dan anak-anak yang menjadi katekumen sedang belajar agama. Antoine memberkati mereka, memberi absolusi umum dan memba[tis para katekumen dengan memercikkan air berkat menggunakan saputangannya.

Kemudian demi menyelamatkan umatnya, Antoine menyuruh mereka melarikan diri dari pintu samping, sementara ia akan menghadang para penyerbu. Dengan masih mengenakan jubah dan stola, sambil menggenggam salib di dadanya, Antoine menghadang para penyerbu di pintu gerbang kapela. Sejenak, para Mohawk terkesima dengan keberaniannya, kemudian menghujaninya dengan tembakan. Ia tewas seketika dengan tubuh penuh lubang peluru. Para Mohawk melemparkan tubuhnya kedalam kapel yang telah kosong, lalu kapel itu dibakar sampai habis. Kematian Antoine telah menyelamatkan banyak nyawa suku Huron. Ia adalah martir pertama dari para misionaris di Huron.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]