Antimateri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam fisika modern, antimateri didefinisikan sebagai materi yang tersusun dari antipartikel (atau "pasangan") partikel yang sesuai dari materi "biasa". Sejumlah kecil antipartikel dihasilkan setiap hari pada akselerator partikel—dengan total produksi hanya beberapa nanogram[1] (ng)—antimateri juga terbentuk dalam proses alami seperti tabrakan sinar kosmik dan beberapa jenis peluruhan radioaktif, tetapi hanya sebagian kecil dari antimateri yang berhasil diikat bersama dalam percobaan untuk membentuk antiatom. Tidak ada antimateri dalam jumlah makroskopik yang pernah dibuat karena biaya yang sangat mahal serta kesulitan produksi dan penanganan.

Secara teoretis, sebuah partikel dan anti-partikelnya (misalnya, proton dan antiproton) memiliki massa yang sama, tetapi muatan listriknya berlawanan, dan memiliki perbedaan bilangan kuantum. Misalnya, proton bermuatan positif sedangkan antiproton bermuatan negatif.

Sejak 1918, ilmuwan sudah mengetahui adanya dua jenis materi yang tercipta dalam Ledakan Besar. Salah satu materi adalah jenis yang kita lihat di bumi, yang menyusun bebatuan, pepohonan, manusia dan alam. Yang satunya adalah kebalikannya yaitu identik dengan materi dalam segala hal, tapi dengan muatan-muatan partikel yang merupakan kebalikannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ten things you might not know about antimatter". symmetry magazine. Diakses tanggal 2018-11-08. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]