Anne Rufaidah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Anne Rufaidah
Berkas:Annerufaidah.jpg
Lahir15 Juni 1962 (umur 61)
Indonesia Bandung
Meninggal9 Juli 2020(2020-07-09) (umur 58)
Bandung
KebangsaanIndonesia Indonesia
AlmamaterInstitut Teknologi Bandung
PekerjaanProfesional
Dikenal atasDesainer Busana Muslim Kontemporer
AnakAdinda Fuadillah Alkhumaira

Muhammad Al-Assad Rahimakumullah

Zulfikar Bashirul Fuadi

Anne Rufaidah (15 Juni 1962 – 9 Juli 2020)[1] anak perempuan dari H. Endang Agah Bajuri dan Hj. Suwarni ini adalah seorang Desainer Busana Muslimah Kontemporer[2]

Anne Rufaidah memulai kariernya sebagai designer busana muslim semenjak tahun 1981. Pada usia 17 tahun pada 1979 Anne Rufaidah menjadi finalis perancang mode majalah femina gadis.

Namun, Anne akhirnya lebih memilih untuk mengasah bakatnya dalam bidang mendesain pakaian. Untuk mempertajam kemampuannya, Anne melanjutkan kuliahnya di Fakultas Seni Rupa & Desain, ITB Bandung. Ketika menjadi mahasiswi di kampus tersebut, Anne beserta beberapa rekannya memberikan bimbingan belajar pada sejumlah siswi sebuah SMA, yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Salman di ITB. Para siswi tersebut dikeluarkan dari sekolah karena berjilbab. Bantuan yang diberikan, bukan sekadar bimbingan pelajaran, tapi juga memberikan semangat pada mereka untuk menegakkan kebenaran bahwa mengenakan jilbab sebagai penutup aurat merupakan hak sekaligus kewajiban setiap muslimah.[3]

Tahun 1970-1980 di Indonesia memakai jilbab sebagai penutup aurat adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Pelajar dan pekerja yang berjilbab dengan menggunakan rok yang panjang di bawah lutut, dipadu kaos kaki hingga di atas lutut masih di pandang aneh.[4] Sementara larangan menggunakan jilbab di sekolah makin menyebar, Anne Rufaidah justru semakin semangat untuk mempopulerkan busana muslimah rancangannya yang di buat di Majalah Kharisma Salman ITB. Desain yang kreatif dan menarik merupakan hal yang menarik bagi masyarakat.

Anne Rufaidah tetap mempromosiikan busana muslimnya ke berbagai tempat hingga mengubah sudut pandang masyarakat yang selama ini di pandang sebelah mata menjadi suatu gaya berbusana yang indah sekaligus kewajiban menutup aurat setiap muslimah.

Semenjak itu, busana muslimah yang semula dianggap kampungan pun memulai era barunya. Di sana-sini orang mulai memproduksi busana muslimah. Kaum ibu hingga gadis remaja mulai menggunakannya tanpa ragu. Pemerintah, terutama lembaga pendidikan, yang awalnya melarang, akhirnya mulai melunak. Media pun tak tabu lagi menampilkan para artis berbusana muslimah dan berbagai hasil rancangan yang praktis sehingga busana muslimah bukan lagi menjadi halangan dalam berbagai kegiatan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Inalillahi, Desainer Fashion Muslim Anne Rufaidah Berpulang Republika. Diakses 9 Juli 2020
  2. ^ "Profil Anne Rufaidah di Tokoh Indonesia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-27. Diakses tanggal 2014-08-24. 
  3. ^ a b Indonesia, Tokoh. "Berpegang Pada Pakem Busana Muslimah | TOKOH INDONESIA | TokohIndonesia.com | Tokoh.id" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-21. 
  4. ^ Sudrajat. "Jilbab di Indonesia, Antara Pelarangan dan Perjuangan". detiknews. Diakses tanggal 2020-06-21.