Anna Karenina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Anna Karenina (Rusia: Анна Каренина) adalah sebuah novel oleh penulis Rusia Leo Tolstoy, yang diterbitkan secara berseri pada 1873-1877 di majalah The Russian Messenger. Tolstoy bentrok dengan editor Mikhail Katkov atas isu-isu politik yang muncul dalam seri terakhir (pandangan Tolstoy tentang keberangkatan relawan-relawan ke Serbia), sehingga edisi lengkap pertama novel tersebut berbentuk buku.

Secara luas dianggap sebagai pemuncak dalam fiksi realis, Tolstoy mengganggap Anna Karenina sebagai novel pertamanya yang sebenarnya; ia mempertimbangkan Perang dan Damai menjadi lebih dari sebuah novel. Fyodor Dostoyevsky memujinya sebagai "karya seni tanpa cela". Ia berbagi pendapat dengan Vladimir Nabokov, yang mengaguminya sebagai " keajaiban sempurna dari gaya Tolstoy." Oleh William Faulkner, ia digambarkan sebagai novel "yang terbaik dari yang pernah ditulis"[1]. Menurut jajak pendapat terbaru dari 125 penulis kontemporer oleh J. Peder Zane, diterbitkan pada tahun 2007 dalam "The Top Ten" di Time, Anna Karenina adalah "novel terhebat yang pernah ditulis".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tolstoy, Leo. Anna Karenina. Penguin Publishing. ISBN 978-0-14-044917-4. Faulkner's opinion is used as an advert on the inside cover.
  2. ^ Grossman, Lev (January 15, 2007). "The 10 Greatest Books of All Time". Time.