Anjing pemburu Ariège

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anjing pemburu Ariège
Ariegeois.jpg
Anjing pemburu Ariège
Nama lain Anjing Ariège
Negara asal Prancis
Ciri-ciri

Anjing pemburu Ariège atau anjing Ariège (bahasa Prancis: chien ariégeois; bahasa Inggris: Ariege hound) adalah satu ras anjing dari departemen Ariège di daerah Midi-Pyrénées di Prancis selatan. Ia merupakan anjing pemburu bau berkawanan berukuran sedang yang diperoleh dari penyilangan anjing pemburu biru Gascogne besar dan anjing pemburu Gascogne Saintonge besar dengan anjing pemburu Artois setempat.[1] Ia digunakan sebagai kedua-dua courser dan untuk mengejar buruan kepada senjata yang menunggu. Sementara paling berjaya dengan terwelu, ia juga digunakan untuk memburu rusa dan babi hutan.[2] Ia dibedakan dengan sifat ramahnya dengan hound lain dan kasih sayang sebagai teman manusia.

Ras ini berasal dari Prancis pada 1912, menjadikan ras ini agak baharu.[butuh rujukan] Ia belum sangat dikenal di luar daerahnya. Ras ini terdaftar dengan Federasi Kinologi Internasional.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Anjing pemburu Ariège biasanya berberat pada hampir-hampir 28–30 kg (62–66 lb). Jantan sepatutnya berdiri setinggi 52–58 cm (20–23 in), dan betina setinggi 50–56 cm (20–22 in). Bulunya licin dan pendek, putih dengan tanda hitam sejelasnya terdefinisi; kadang-kadang berbelak, dan mungkin ada titik sawo matang di kepala. Kepala anjing ini tanpa lemak dan memanjang. Tiada keriput. Matanya gelap dan lembut. Telinganya sangat lembut dan berpanjang sedang. Moncongnya berpanjang sederhana dan hidungnya hitam. Lehernya langsing dan sedikit lengkung, hingga dada yang sempit dan dalam. Rusuknya melengkung dengan baik dengan belakang kuat dan condong. Ia sepatutnya mempunyai tungkai hadapan lurus dan tungkai belakang kuat dan berkuasa. Kakinya keras dan kerubahan. Ekornya sedikit melengkung.

Secara keseluruhan, anjing pemburu Ariège adalah anjing pemburu bau berbakat, dan penyayang dan tenang di rumah. Anjing pemburu Ariège kini sedang ditangkarkan di Italia dan digunakan untuk memburu babi hutan, berprestasi baik dalam usaha ini di bawah kondisi Italia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ariegeois". United Kennel Club Inc. Diakses tanggal Juli 2011. 
  2. ^ "Standard de l'Ariegeois" (dalam bahasa Prancis). Klub Anjing Pemburu Biru Gascogne. Diakses tanggal Juli 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Hound Templat:Anjing Prancis