Anjas Taher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anjas Taher

Anjar Taher (lahir 2 Mei 1973) adalah seorang politikus Indonesia kelahiran Desa Ekor, Kecamatan Wasile Selatan, Halmahera Timur. Ia menempuh pendidikan di SD Negeri Ekor, SMP GMIH Ternate, SMA PGRI Palu serta Strata 1 Ekonomi di Universitas Khairun Ternate. Pada tahun 1993, ia terpilih menjadi ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi Unkhair Ternate. Pada tahun 1995, ia diangkat menjadi Wakil Ketua HMI Cabang Ternate selama satu tahun. Pada tahun 2009, ia meneruskan pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan gelar Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan.

Ia pernah menjabat sebagai sekretaris di DPD II Partai Golkar Haltim dari 2004 sampai 2013. Selain itu, ia juga pernah tergabung dalam Badan Penanganan Pemilu (BAPPILU) DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara. Pada tahun 2020, ia menjabat sebagai Ketua di DPD II Partai Golkar.

Pada tahun 2004, ia diangkat menjadi Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Timur. Dari 2009 sampai 2014, ia menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Haltim dari tahun 2009 hingga 2014. Dari 2014 sampai 2019, ia bergabung sebagai anggota di DPRD Provinsi Maluku Utara.

Pada pemilihan umum Bupati Halmahera Timur 2020, ia maju sebagai calon wakil bupati Haltim bersama dengan Muh Din Ma’bud sebagai bupati. Namun, Muh Din dikabarkan meninggal dunia usai mendaftar ke KPU. Usai kesepakatan antara Koalisi Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Demokrat, serta Partai Nasdem, Ubaid Yakub terpilih untuk menggantikan Muh Din.

Ia memiliki istri bernama Ema H Hanafi dan memiliki empat anak.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]