Angul (raja)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Menurut Saxo Grammaticus dalam bukunya berjudul scholium, Dan dan Angul (Angel) bersaudaraan.
Uppsala Kuno, tempat Angul dan Dan mungkin dibesarkan. (Uppsala hov, dilukis oleh Carl Johan Billmark)

Angul (juga dikenal sebagai Angull atau Angel) adalah leluhur Angli, suku yang berasal dari Jutlandia (sekarang Denmark), menurut Gesta Danorum,.

Ayahnya bernama Humbli, mungkin merupakan orang yang sama dengan Heimdallr.

Tradisi Nordik[sunting | sunting sumber]

Getica (Goth)[sunting | sunting sumber]

Menurut catatan berjudul Getica yang ditulis oleh Yordanes (pada abad ke-6 M), suku Dane dengan Swede, dikatakan bermigrasi dari Semenanjung Skandinavia ke Jutlandia pada zaman yang lebih kuno.

Gesta Danorum (Denmark)[sunting | sunting sumber]

Gesta Danorum (abad ke-13 M) menerangkan bahwa nama Angul diberikan kepada wilayah yang dikuasainya (Angeln), dan bahwa keturunannya kemudian menaklukkan pulau Britania, dan mengganti nama baru tanah mereka sendiri dengan nama asli pulau itu.

Angul memiliki saudara laki-laki bernama Dan yang dengan cara yang sama menjadi leluhur dan penguasa Denmark.

Ada tradisi Nordik lain yang sesuai dengan ini. Dan disebutkan pada tradisi itu, sedangkan Angul tidak.

Kronik Lethrense (Denmark)[sunting | sunting sumber]

Menurut Kronik Lethrense (abad ke-12 M), ada Raja Ypper dari Uppsala, yang putranya bernama Dan, Nori, dan Östen. Dan kemudian memerintah Denmark, Nori kemudian memerintah Norwegia, dan Östen kemudian memerintah Swedia.

Skjöldungasaga (Denmark)[sunting | sunting sumber]

Menurut Arngrímur Jónsson, epitoma berbahasa Norse Kuno yang berjudul Skjöldungasaga, Rigus (atau Rig, memiliki seorang putra bernama Dan atau Danum, yang rakyatnya disebut Dane.

Rígsþula (Islandia)[sunting | sunting sumber]

Puisi Edda berjudul Rígsþula menceritakan cara dewa Rígr (Heimdall), menjadi ayah dari seorang putra bernama Ríg-Jarl. Ríg-Jarl memiliki sebelas putra, yang bungsu bernama Kon ung. Suatu hari, saat dia sedang berburu dan menjerat burung, seekor gagak berbicara kepadanya dan menyarankan agar dia mendapatkan lebih banyak dengan mengejar manusia, dan memuji kekayaan "Dan dan Danp". Mereka tercatat sebagai cucu dan putra dari Rig dalam Saga Ynglinga. Menurut Skjöldungasaga, Rig menikahi Dana, putri dari Danp, dan mereka memperanakkan Dane.

Saga Ynglinga (Norwegia)[sunting | sunting sumber]

Dalam Ynglinga saga (abad ke-13) yang ditulis oleh Snorri Sturluson, menceritakan tentang Raja Dygvi dari Swedia, bahwa istrinya adalah putri Raja Danp, putra Rig, yang pertama kali disebut konungr dalam bahasa Denmark. Dia adalah saudara perempuan Dan Mikillati.

Balada Eric (Swedia)[sunting | sunting sumber]

Balada Eric (abad ke-15 M) terkait oleh Eric, raja pertama Götaland. Dia mengirim pasukan Geat ke selatan ke sebuah negara bernama Vetala, di mana belum ada yang mengolah tanah itu. Kemudian, seorang raja bernama Humli mengirim putranya Dan untuk memerintah para pemukim. Setelah Dan, Vetala dinamai Denmark. Balada Eric sekarang dianggap sebagai cerita palsu yang tidak otentik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]