Angkatan Sukarelawan Rusia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Sukarelawan Rusia Barat
Satu-satunya bedera Angkatan Sukarelawan Rusia Barat yang selamat.
Aktif1918–1920
Aliansi Negara Rusia (Secara Resmi)
Kekaisaran Jerman (Secara tidak Resmi)
Jumlah personel50,000
PertempuranPerang Saudara Rusia
Tokoh
Tokoh berjasaJen. Pavel Bermondt-Avalov
Jen. Rüdiger von der Goltz
Insignia
Bendera Tentara

Angkatan Sukarelawan Rusia Barat[a] atau Bermontia[b] adalah sebuah Angkatan pro-Jerman di Latvia dan Lituania ketika Perang Saudara Rusia dari 1918–1920.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkatan Sukarelawan Rusia Barat,tidak seperti Angkatan Relawan yang pro-Entete,didukung dan bahkan dibentuk oleh Jerman. Gencatan Senjata Compiègne,Pasal 12,menetapkan bahwa pasukan bekas Kekaisaran Jerman harus tetap berada di wilayah Balktik bekas Kekaisaran Rusia untuk membantu melawan kemajuan Bolshevik dan harus mundur setelah Sekutu memutuskan bahwa situasi sudah terkendali.Perintah untuk mundur pun diberikan setelah Perjanjian Versailles yang ditandatangani pada bulan Juni 1919.

Namun,hanya sebagian kecil dari Freikorps di Baltik yang mundur,sisanya tetap tinggal di bawah kepemimpinan Jenderal Rüdiger von der Goltz.Untuk menghindari penyalahan kepada Jerman dan kemarahan Sekutu,ia bersembunyi di belakang dan menggabungkan tentaranya dengan "Korps Spesial Rusia",yang dipimpin oleh seorang Kazaki Jenderal Pavel Bermondt-Avalov.Kedua Jenderal tersebut merekrut sekitar 50,000 orang.Angkatan tersebut pun menyatakan bahwa mereka bergabung dengan Pasukan Aleksandr Kolchak dan bersama-sama melawan Bolshevik,namun tujuan sebenarnya adalah untuk mempertahankan kuasa Jerman di wilayah Baltik.

Konfrontasi dengan Latvia dan Lituania[sunting | sunting sumber]

Pesawat Bermontia dibawa oleh tentara Lituania di dekat Radviliškis

Situasi politik di wilayah baltik pun terus memburuk.sebuah Pemerintah baru di Lituania menolak untuk mengizinkan tentara Putih masuk dan mambangun markas militer.Setelah awalnya mendukung Gerakan Putih dan Republik Weimar,Juga memblokade perpindahan tentara Jerman yang menuju ke Rusia dan memerintahkan Reichswehr untuk menutup perbatasan Prusia Timur agar Pasokan Freikorps terblokir.Jenderal von der Goltz akhirnya dipanggil kembali pada 4 Oktober.

Dalam situasi begini,Bermondt-Avalov meluncurkan penyerang menggunakan Freikorps untuk memaksa Latvia bernegoisasi.Dengan dukungan dari Inggris dan Kereta Lapis Baja Estonia,sebuah serangan balasan dari Latvia diluncurkan pada bulan November,yang membuat tentara Bermondt untuk mundur bersama dengan kalahnya mereka pada pertempuran di Mitau.

Pada Oktober 1919,Angkatan Sukarelawan Rusi Barat menyerang negara yang baru merdeka yaitu Lituania dan Latvia,yang kemerdekaannya diberikan oleh Jerman.Angkatan ini sempat menduduki tepi barat Sungai Daugava di Riga.Ini menyebabkan Pemerintah Kārlis Ulmanis meminta bantuan militer kepada Lituania dan Estonia.Pihak dari Estonia memberikan 2 kereta lapis baja sedangkan Lituania hanya bisa memberikan protes diplomatik karena sedang berperang melawan Bolshevik.Inggris juga memberikan bantuan senjata Kapal Perusak,HMS Vanoc,di Pelabuhan Riga.

Pada bulan November,Bersamaan dengan tentara Latvia berhasil mengusir Pasukan Bermondt-Avalov ke wilayah Lituania,Mitau juga berhasil di bebaskan.Setelahnya Angkatan Sukarelawan Rusia Barat menderita kekalahan berat dari Lituania di dekat Radviliškis.

Setelah itu Bermondt-Avalov melarikan diri ke Denmark.Freikorps Jerman pun diserahkan kepada Letnan Jenderal von Eberhardt,sebagai penerus Goltz sabagai Komandan Korps Cadangan VI di Allenstein.Setelah keterlibatan militer Entente,Jenderal Eberhardt mampu mengevakuasi sisa-sisa Freikorps Jerman melalui Lituania ke Prusia Timur yang selesai pada pertengahan Desember 1919.

Angkatan[sunting | sunting sumber]

Seragram tentara ASRB di sediakan oleh Jerman dan dihias sesuai ciri khas rusia,khususnya bagian bahu yang sesuai dengan model Tentara Kekaisaran Rusia dan Salib Ortodoks yang dikenakan di lengan kiri.

Kebanyakan personel berasal dari Freikorps,Jerman Baltik,serta beberapa Tahanan perang rusia yang ditangkap oleh Jerman pada Perang Dunia I yang di bebaskan dengan janji mereka akan membantu melawan musuh-musuh Angkatan.

Jumlah Personel Angkatan termasuk:[1]

  • Corps Graf Keller (Kolonel Potozki): dari 7,000 sampai 10,000 tentara, di dekat Jelgava
  • Corps Virgolitsch (Kolonel Virgolitsch): dari 3,500 sampai 5,000 tentara, berada di Lituania utara
  • Divisi Besi (Mayor Bischoffùý): sekitar 15,000 sampai 18,000, di Jelgava, bergabung pada bulan Agustus
  • Deutsche Legion (Kapten Sievert): sekitar 9,000 sampai 12,000 tentara yang bersatu dari berbagai korps independen yang bebas.
  • Freikorps Plehwe (Kapten von Plehwe): sekitar 3,000 tentara (bekas resimen cadangan ke -2.), di Libau
  • Freikorps Diebitsch: sekitar 3,000 tentara, sebagai penjaga kereta api di Lituania.
  • Freikorps Roßbach: sekitar 1,000 tentara, muncul pada akhir bulan Oktober setelah berjalan sekitar 1,200 km dari Riga.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Inta Pētersone (ed.): Latvijas Brīvības cīņas 1918–1920. Enciklopēdja. Preses nams, Riga 1999, ISBN 9984-00-395-7, page 78.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Von der Goltz, Rüdiger (1920). Meine Sendung in Finnland und im Baltikum (dalam bahasa German). Leipzig: Verlag von K.F. Koehler. OCLC 186846067. 
  • Bermondt-Avalov, Pavel (1925). Im Kampf gegen den Bolschewismus. Erinnerungen von General Fürst Awaloff, Oberbefehlshaber der Deutsch-Russischen Westarmee im Baltikum (dalam bahasa German). Glückstadt, Hamburg: Verlag J.J. Augustin. OCLC 15188750. 
  • Bischoff, Josef, Die letzte Front. Geschichte der Eiserne Division im Baltikum 1919, Berlin 1935.
  • Darstellungen aus den Nachkriegskämpfen deutscher Truppen und Freikorps, Bd 2: Der Feldzug im Baltikum bis zur zweiten Einnahme von Riga. Januar bis Mai 1919, Berlin 1937; Bd 3: Die Kämpfe im Baltikum nach der zweiten Einnahme von Riga. Juni bis Dezember 1919, Berlin 1938.
  • Die Baltische Landeswehr im Befreiungskampf gegen den Bolschewismus, Riga 1929.
  • Eesti Vabadussõda 1918-1920, Tallinn, Mats, 1997. ISBN 9985-51-028-3.
  • Kiewisz, Leon, Sprawy łotewskie w bałtyckiej polityce Niemiec 1914-1919, Poznań 1970.
  • Paluszyński, Tomasz, Walka o niepodległość Łotwy 1914-1920, Warszawa 1999.
  • Von den baltische Provinzen zu den baltischen Staaten. Beiträge zur Entstehungsgeschichte der Republiken Estland und Lettland, Bd I (1917-1918), Bd II (1919-1920), Marburg 1971, 1977.
  • Simas Sužiedėlis, ed. (1970–1978). "Bermondtists". Encyclopedia Lituanica. I. Boston, Massachusetts: Juozas Kapočius. hlm. 335–336. LCCN 74-114275. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Rusia: Русская Западная добровольческая армия, translit. Russkaya Zapadnaya dobrovol'cheskaya armiya
  2. ^ bahasa Latvia: Bermontieši,bahasa Lituania: Bermontininkai