Angkatan Darat Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Angkatan Darat Irlandia, yang dikenal sebagai Angkatan Darat (Irlandia : an tArm), adalah komponen darat Angkatan Pertahanan Irlandia. Angkatan Darat Irlandia memiliki pasukan aktif sebanyak 7.520 orang, dan pasukan cadangan sebanyak 3.869 orang. Seperti komponen Angkatan Pertahanan lainnya, Angkatan Darat Irlandia telah berjuang untuk mempertahankan kekuatan dan hingga April 2023 hanya memiliki 6.322 personel aktif, dan 1.382 personel cadangan.[1] Tentara Irlandia diorganisasikan menjadi dua brigade.[2]

Angkatan Darat Irlandia
An tArm  (Irlandia)
Lambang Angkatan Darat Irlandia
AktifFebruari 1922–Sekarang
Negara Irlandia
Tipe unitAngkatan Darat
Jumlah personel6,332 personel aktif (Pendirian: 7,520) (Apr 2023)[3]
1,382 Personel Cadangan (Establishment: 3,869) (Apr 2023)[3]
Bagian dariAngkatan Pertahanan Irlandia
PertempuranPerang Kemerdekaan Irlandia
Perang Saudara Irlandia
Krisis Kongo
Konflik Irlandia Utara
Situs webDefence Forces – Army
Tokoh
Kepala Staf PertahananLetnan Jenderal Seán Clancy (AC)
Brigade 1Brigadir Jenderal Brian Cleary[4]
Brigade 2Brigadir Jenderal Tony Cudmore[5]
GOCBrigadir Jenderal David Dignam[6]
Wakil Kepala Staf PertahananMayor Jenderal Anthony McKenna
Insignia
Bendera

Selain mempertahankan peran utamanya dalam membela Negara dan keamanan dalam negeri, sejak tahun 1958 Angkatan Darat terus hadir dalam misi penjaga perdamaian di seluruh dunia. Angkatan Darat juga berpartisipasi dalam Kelompok Pertempuran Uni Eropa. Korps Udara dan Angkatan Laut mendukung Angkatan Darat dalam menjalankan perannya.

Peran Angkatan Darat[sunting | sunting sumber]

Peran Angkatan Darat adalah:

  • Untuk membela negara Irlandia dari agresi bersenjata.
  • Untuk memberikan bantuan kepada kekuatan sipil (ATCP). Artinya, Angkatan Darat membantu, jika diminta, Garda Síochána, yang mempunyai tanggung jawab utama atas hukum dan ketertiban di Irlandia.
  • Untuk berpartisipasi dalam dukungan perdamaian multinasional, manajemen krisis dan operasi bantuan kemanusiaan untuk mendukung misi penjaga perdamaian PBB, dan EUFOR (hanya misi penjaga perdamaian yang disetujui PBB).
  • Untuk melaksanakan tugas-tugas lain yang mungkin diberikan kepadanya dari waktu ke waktu. Misalnya bantuan pada saat terjadi bencana alam, bantuan yang berkaitan dengan pemeliharaan pelayanan-pelayanan penting, dan lain-lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkatan Pertahanan, termasuk Angkatan Darat, menelusuri asal usulnya hingga Tentara Republik Irlandia (IRA), organisasi gerilya yang melawan pasukan pemerintah Inggris selama Perang Kemerdekaan Irlandia. Pada bulan Februari 1922, Pemerintahan Sementara mulai merekrut sukarelawan ke dalam Tentara Nasional yang baru.

Pemerintahan Sementara dibentuk pada 16 Januari 1922 untuk mengambil alih kekuasaan di Negara Bebas Irlandia yang baru. Pada tanggal 31 Januari 1922, mantan unit IRA (Pengawal Dublin) mengambil peran barunya sebagai unit pertama Tentara Nasional yang baru dan mengambil alih Barak Pengemis Bush, barak Inggris pertama yang diserahkan ke Negara Bebas Irlandia yang baru. Panglima Angkatan Darat Nasional yang pertama, Michael Collins, membayangkan Angkatan Darat baru dibangun berdasarkan IRA yang sudah ada sebelumnya, namun lebih dari separuh organisasi ini menolak kompromi yang disyaratkan Oleh Perjanjian Anglo-Irlandia yang membentuk Irlandia Negara Bebas, dan lebih menyukai menjunjung tinggi kaum revolusionerRepublik Irlandia yang didirikan pada tahun 1919.

Dengan demikian, dari Januari 1922 hingga akhir Juni dan pecahnya Perang Saudara Irlandia, terdapat dua angkatan bersenjata yang antagonis: Tentara Nasional, yang dibangun dari inti unit IRA yang pro-Perjanjian, dan dipersenjatai serta dibayar oleh Pemerintahan Sementara; dan IRA yang anti-Perjanjian yang menolak menerima legitimasi negara baru. Kedua kekuatan terus menggunakan judul berbahasa Irlandia Óglaigh na hÉireann, yang sebelumnya digunakan oleh IRA asli dan pendahulunya, Relawan Irlandia pada pertengahan tahun 1910-an. Pada bulan Juli 1922, Dáil Éireannberwenang meningkatkan kekuatan 35.000 orang; pada Mei 1923 jumlahnya meningkat menjadi 58.000. Tentara Nasional tidak memiliki keahlian yang diperlukan untuk melatih kekuatan sebesar itu, sehingga sekitar seperlima perwira dan setengah prajuritnya adalah mantan prajurit Angkatan Darat Inggris dari Irlandia, yang membawa banyak pengalaman ke dalamnya.

Perang Saudara Irlandia pecah pada 28 Juni 1922. Partai Sinn Féin yang pro-Perjanjian memenangkan pemilu pada 16 Juni . Inggris semakin menekan pemerintah untuk menegaskan kendalinya atas unit anti-Perjanjian IRA yang menduduki Empat Pengadilan di Dublin ; garnisun ini telah menculik JJ O'Connell, seorang letnan jenderal di Angkatan Darat Nasional.

Pada minggu-minggu awal Perang Saudara, Tentara Nasional yang baru dibentuk sebagian besar terdiri dari unit-unit IRA yang pro-Perjanjian, terutama Garda Dublin, yang anggotanya memiliki hubungan pribadi dengan Michael Collins. Jumlahnya diperkirakan mencapai 7.000 orang, berbeda dengan sekitar 15.000 orang yang anti-Perjanjian IRA. Namun, Negara Bebas segera merekrut lebih banyak pasukan, dengan jumlah tentara yang menjamur menjadi 55.000 orang dan 3.500 perwira pada akhir Perang Saudara pada bulan Mei 1923. Banyak dari rekrutannya adalah orang-orang Irlandia yang pernah bertugas di Angkatan Darat Inggris selama masa perang. Perang Dunia Pertama. WRE Murphy, orang kedua di Angkatan Darat Nasional dalam perang saudara (dari Januari hingga Mei 1923), pernah menjadi letnan kolonel di Angkatan Darat Inggris, begitu pula Emmet Dalton.. Memang benar, Negara Bebas merekrut tentara berpengalaman dari mana pun mereka bisa; dua jenderal senior lainnya, John T. Prout dan JJ "Ginger" O'Connell, pernah bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat.

Pemerintah Inggris telah memasok senjata kecil dan amunisi kepada Tentara Nasional saat mereka berangkat dari Irlandia serta beberapa mobil lapis baja. Mereka kemudian memasok artileri yang memungkinkannya menyelesaikan Perang Saudara dengan relatif cepat. Four Courts dan O'Connell Street diambil alih dari unit anti-Perjanjian IRA selama Pertempuran Dublin pada bulan Juli 1922. IRA anti-Perjanjian juga dicopot dari Limerick dan Waterford pada bulan itu dan Cork serta County Kerry diamankan dengan cara yang menentukan. serangan lintas laut pada bulan Agustus.

Sisa perang adalah perang gerilya, yang terkonsentrasi khususnya di selatan dan barat negara itu. Pada tanggal 15 Oktober, arahan dikirim ke pers oleh Piaras Béaslaí, direktur komunikasi Free State, yang menyatakan bahwa pasukan Free State harus disebut sebagai "Tentara Nasional", "Tentara Irlandia", atau hanya "pasukan". ". Pasukan Anti-Perjanjian disebut "Irregular" dan tidak boleh disebut sebagai "Republik", "IRA", "pasukan", atau "pasukan", dan pangkat perwira mereka juga tidak boleh disebutkan.  Unit Angkatan Darat Nasional, khususnya Garda Dublin, terlibat dalam serangkaian kekejaman terhadap pejuang anti-Perjanjian yang ditangkap.

Tentara Nasional menderita sekitar 800 korban jiwa dalam Perang Saudara, termasuk panglima tertingginya, Michael Collins. Collins digantikan oleh Richard Mulcahy.

Pada bulan April 1923, IRA yang anti-Perjanjian mengadakan gencatan senjata, dan pada bulan Mei mereka memerintahkan para pejuangnya untuk "melepaskan senjata", yang secara efektif mengakhiri perang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oireachtas, Houses of the (2023-06-13). "Defence Forces – Tuesday, 13 Jun 2023 – Parliamentary Questions (33rd Dáil) – Houses of the Oireachtas". www.oireachtas.ie (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-03. 
  2. ^ "Army". www.military.ie (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-03. 
  3. ^ a b "Defence Forces Strength (Dáil Éireann Debate – Tuesday, 13 June 2023)". Dáil Éireann Hansard. 13 June 2023. Diakses tanggal 25 August 2023. The established strength and current strength of the Defence Forces as at 30 April 2023 is [..] Army 7,520 .. 6,322 [..] Air Corps 886 .. 711 [..] Naval Service 1,094 .. 764 [..] Army Reserve 3,869 .. 1,382 [..] Naval Service Reserve 200 .. 77 [..] First Line Reserve N/A .. 275 
  4. ^ "General Staff > Brigade Commanders > GOC 1 Brigade". Defence Forces Ireland. Diakses tanggal 5 June 2016. 
  5. ^ "General Staff > Brigade Commanders > GOC 2 Brigade". Defence Forces Ireland. Diakses tanggal 12 July 2015. 
  6. ^ "General Officer Commanding (GOC) the Defence Forces Training Centre (DFTC)". Defence Forces Ireland. Diakses tanggal 15 July 2019.